Friday, 13 September 2024
HomeKulinerIngin Bernostaligia? Ini Dia Deretan Es Jadul yang Legend Era 90'an

Ingin Bernostaligia? Ini Dia Deretan Es Jadul yang Legend Era 90’an

Bogordaily.net – Jajanan jaman dulu kini makin langka dipasaran. Tak terkecuali panganan jenis es yang digandrungi berbagai kalangan. Buat kalian generasi 90’an, pasti punya es jadul (jaman dulu) favorit kesukaan kalian yang tiap hari  dibeli.

Jajanan es yang satu ini bukan cuma murah, tapi rasanya emang enak banget. Ya, popularitas es jadul kini sudah tergeser dengan dessert kekinian. Kali ini Wartabromo.com mengajak bolo untuk nostalgia menu es yang masih eksis tapi sudah sangat langka.

Flashback yuk mengenang es krim di era generaso 90-an pas lagi jaya-jayanya hehe, kira-kira masih ada yang jual gak ya?Es Payung

1. Es Potong

Mirip dengan es dung-dung, perjuangan untuk mendapatkan es potong. Tekstur es potong yang lumer di mulut menjadi kenikmatan tersendiri. Apalagi dicelup dalam coklat leleh, membuat rasanya semakin lezat.

Biasanya, pecinta es potong memiliki pengalaman unik, yakni selalu dibikin was-was. Pasalnya, penyokong es potong hanya sebatang tusuk sate ukuran kecil. Jadi, kemungkinan es bakal jatuh ke tanah lebih besar. Terlebih saat es sudah tersisa sedikit.

Ada yang pernah mengalami?

2. Es Goyang

Mendengar kata es goyang, jangan membayangkan si penjual akan bergoyang ketika berjualan ya bolo. Disebut es goyang, karena gerobak akan digoyang-goyang saat adonan es krim tengah dituangkan ke dalam cetakan. Tujuannya, untuk membuat es lebih cepat membeku.

Nah, bahan-bahan yang digunakan untuk membuat es jadul ini antara lain santan, gula pasir, tepung hungkwe, serta garam. Penyajian dari es goyang biasanya dicelupkan ke saus cokelat lalu dilapisi kacang unuk menambah rasa gurih.

3. Es Payung Warna Warni


Es yang satu ini bikin bingung deh, sampe sekarang gak tau mirip payungnya dari mana. Es payung ini dibuat dari es batangan yang diserut loh, lalu di masukan ke dalam cetakan.

Cetakannya bermacam-macam. Namun, tak ada yang bentuk payung sepertinya. Walaupun gak mirip payung, tapi es ini laku banget pada masanya, sayangnya sekarang sudah jarang ditemukan.

4. Es Kue


Inget gak kue warna-warni yang dingin? Yups, namanya adalah es kue. Meskipun pas digigit terasa sedikit ngilu di gigi, tapi es kue ini selalu menggugah selera loh. Apalagi ditambahin susu kental manis, duh jadi pengen jajan es kue deh.

Di antara es krim jaman dulu di atas, mana nih yang paling sering kalian beli?***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here