Friday, 26 April 2024
HomeTravellingInilah 5 Kegiatan Seru yang Dilakukan Wisatawan Saat Perayaan Nyepi di Bali

Inilah 5 Kegiatan Seru yang Dilakukan Wisatawan Saat Perayaan Nyepi di Bali

Bogordaily.net – Sesuai adat dan tradisi di , seluruh kegiatan akan dihentikan pada hari tersebut, termasuk akses jalan dan tempat wisata. Namun, wisatawan yang tidak merayakan Nyepi masih diperbolehkan melakukan kegiatan normal selama tidak keluar rumah atau hotel.

Kalau kamu salah satunya yang akan berada di bertepatan dengan perayaan Nyepi, jangan khawatir. Kamu bisa melakukan 9 kegiatan mengasyikkan ini, kok!

1. Menyaksikan upacara melasti
Biasanya upacara melasti dilakukan dua hari sebelum Nyepi, yakni dengan melakukan kegiatan sembahyang di laut. Masyarakat akan mengarak sesajian dan sarana sembahyang lainnya menuju pantai.

Beberapa pantai yang kerap dijadikan pusat upacara di antaranya Pantai Sanur di selatan , Pantai Candidasa, dan Pantai Klotok di utara . Kamu bisa melihat jalannya upacara sakral umat Hindu di yang khidmat.

2. Meramaikan pawai ogoh-ogoh
Satu hari sebelum Nyepi, umat Hindu akan melaksanakan upacara ngrupuk atau pengrupukan. Tujuannya untuk mengusir Buta Kala yang disimbolkan sebagai bentuk kejahatan. Pada prosesi ini, biasanya ogoh-ogoh yang menggambarkan Buta Kala akan diarak keliling daerah setempat sebelum akhirnya dibakar.

Tempat yang direkomendasikan untuk menikmati festival ogoh-ogoh adalah daerah Kuta dan Ubud. Di hari ini, lautan manusia akan terbentuk di jalan, mulai dari masyarakat sekitar hingga wisatawan asing.

3. Melihat bintang dengan mata telanjang
perayaan nyepi, jalanan akan terlihat sangat sepi karena seluruh kendaraan tak ada yang beroperasi. Begitu pula dengan kegiatan industrial. Udara bakal terasa sangat sejuk dan bersih tanpa polusi udara.

Banyak yang mengatakan, di momen seperti ini, langit malam Bali akan terlihat sangat jernih dan indah. Bintang-bintang bermunculan dan bisa kita nikmati dengan mata telanjang.

4. Makan bareng
Sangat penting menyiapkan bekal makanan untuk kurang lebih selama 24 jam perayaan nyepi berlangsung. Karena pada hari itu tidak akan ada tempat berjualan makanan yang bisa kamu temukan. Biasanya makanan instan, biskuit, dan berbagai macam camilan jadi pilihan.

5.enyaksikan tradisi omed-omedan setelah Nyepi
Warga Banjar Kaja, Desa Sesetan, Denpasar, Bali punya tradisi unik bernama omed-omedan. Para pemuda dan pemudi berusia 17-30 tahun di desa ini akan berciuman dan tarik-tarikan, dengan melalui prosesi adat sebelumnya.

Sebelum mulai, mereka dibagi menjadi dua kelompok yakni laki-laki dan perempuan. dua kelompok tersebut mendekat, orang paling depan yang diarak akan saling berpelukan dan berciuman sambil disiram air. Tradisi ini bertujuan untuk memperkuat rasa asah, asih, dan asuh antar warga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here