Wednesday, 24 April 2024
HomeBeritaIsrael Mengutuk Serangan Rusia di Dekat Monumen Pembantaian Yahudi di Ukraina

Israel Mengutuk Serangan Rusia di Dekat Monumen Pembantaian Yahudi di Ukraina

Bogordaily.net mengutuk serangan yang dilakukan oleh ke Ukraina yang terjadi didekat monumen peringatan pembantaian Yahudi pada era Perang Duania ke II, di dekat Kiev, pada Selasa, 2 Maret 2022.

Kecaman atas serangan tersebut disuarakan Pusat Peringatan Holocaust Dunia Yad Vashem , sebagaimana dilansir Reuters.

Lembaga tersebut mengatakan, serangan di sekitar situs peringatan monumen Holocaust Babyn Yar tersebut mematikan. Meski, pernyataan resmi dari Pemerintah tentang serangan tersebut tidak menyebutkan .

“Kami menyerukan agar kesucian situs dilestarikan dan dihormati,” kata Menteri Luar Negeri Yair Lapid.

Dia juga mengungkapkan, kesedihan atas jatuhnya korban tewas setelah invasi Rusia ke Ukraina pekan lalu.

Meski mengecam invasi dan menyuarakan solidaritas dengan Kiev, mengaku tetap membuka saluran komunikasi dengan Moskwa dengan harapan membantu meringankan krisis.

Namun, sebelum menyuarakan kecamatan tersebut, menahan sedikitnya 20 warga Palestina dan menyerang jemaah yang merayakan Isra Mikraj pada Senin, 28 Februari 2022, di Masjid Al-Aqsa, Yerusalem, menurut laporan aktivis dan media lokal.

Sebanyak 14 warga Palestina terluka, termasuk seorang anak, dan empat orang dibawa ke rumah sakit untuk menerima perawatan, menurut laporan Bulan Sabit Merah Palestina pada Senin malam.

Video di media sosial menunjukkan pasukan melemparkan gas air mata dan granat kejut ke kerumunan jemaah, di mana terdapat banyak anak dan bayi. Aksi tersebut yang memicu kepanikan, sebagaimana dilansir The New Arab.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here