Saturday, 27 April 2024
HomeBeritaKabar Gembira, Kasus Covid-19 di 30 Provinsi Indonesia Mulai Menunjukkan Perbaikan

Kabar Gembira, Kasus Covid-19 di 30 Provinsi Indonesia Mulai Menunjukkan Perbaikan

Bogordaily.net – Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru Reisa Broto Asmoro mengatakan, kasus Covid-19 menunjukkan perbaikan. Hal tersebut dilihat dari keterisian tempat tidur di rumah sakit (BOR) juga turun.

Reisa mengatakan, kasus Covid-19 di telah mengalami penurunan. Data ini dilihat dari Sabtu, 12 Maret 2022. Dari 30, hanya empat provinsi yang masih mengalami kenaikan kasus Covid-19, diantaranya yakni Aceh, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, dan Nusa Tenggara Timur.

Keterisian tempat tidur berkurang menjadi 21,72 persen dari 23,97 persen pada sehari sebelumnya. Reisa berharap, tren penurunan  Covid-19 terus berlanjut seiring dengan situasi , baik global maupun nasional.

Kendati demikian, ia mewanti-wanti belum sepenuhnya berakhir. “Jadi, kita harus terus waspada dan tetap jalankan protokol kesehatan (prokes). Selain itu, lakukan vaksinasi dan vaksin penguat (booster),” ujar Reisa dalam sebuah konferensi virtual, Senin, 14 Maret 2022.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi mengatakan, meski angka-angka penanganan Covid-19 membaik, masih ada beberapa catatan yang perlu dikejar. Terutama cakupan vaksinasi Covid-19 secara lengkap dan vaksinasi booster untuk segera membentuk kekebalan Covid.

“Untuk mencegah risiko terburuk dari infeksi COVID-19 faktor berikutnya yang harus dikejar dengan cepat adalah pemenuhan vaksinasi lengkap dan booster secara nasional. Apabila angka vaksinasi lengkap dan booster dengan cepat kita penuhi, persiapan menuju epidemi akan semakin cepat kita bisa lakukan,” kata Nadia.

Kemarin, Satgas Covid-19 mencatat kasus aktif Covid-19 kembali turun, menunjukan perbaikan dan sudah menyentuh angka 312.958 atau turun 29.938 dari 342.896 pada Ahad. Kasus aktif adalah jumlah orang yang positif Covid-19 dan masih menjalani isolasi atau perawatan di rumah sakit.

Penurunan kasus aktif ini konsisten sejak akhir Februari, menunjukan perbaikan, pada 569.736 kasus hingga kini mulai menyentuh angka 300 ribuan kasus. Angka kasus konfirmasi harian juga mengalami penurunan menjadi 9.629 dari hari sebelumnya yang berada di angka 11.585. Sedangkan, kasus kematian tercatat 271 orang meninggal.***

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here