Monday, February 6, 2023
HomeNasionalKapolri, Mengukuhan Secara Langsung Pasukan Respon Cepat Korps Brimob

Kapolri, Mengukuhan Secara Langsung Pasukan Respon Cepat Korps Brimob

IIMS

Bogordaily.net – Pasukan Respon Cepat atau Power Hands yang merupakan pasukan elit Korps Brimob, pendapat pengukuhan langsung oleh Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, di Satuan Latihan Korps Brimob, Cikeas, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis, 11 Maret 2022.

Dalam pengukuhan yang diikuti oleh sekitar 1.500 personil, dimulai dengan simulasi penangangan unjuk rasa dalam skala besar serta gangguan keamanan oleh kelompoh besar, yang dilakukan oleh para Pasukan Respon Cepat Korps Brimob

Simulasi tersebut disaksikan langsung oleh Kapolri didampingi Dankorbrimob Irjen Pol Anang Revandoko beserta jajaran Polri. Kapolri dalam sambutan dan arahannya setelah melihat simulasi/peragaan tersebut menyakini Korps Brimob semakin terampil dan profesional dalam menjalankan tugasnya sebagai pasukan elit Polri.

“Saya selaku kepala kepolisan mengucapkan apresiasi dan terima kasih setinggi-tingginya atas dedikasi dan loyalitas rekan-rekan menjalankan tugas dan kewajiban untuk menanggulangi keamanan ketertiban berintensitas tinggi termasuk melaksanakan tugas-tugas kemanusiaan,” kata Sigit.

Simulasi itu memperagakan kemampuan Brimob dalam menghadapi tantangan, gangguan dan ancaman keamanan yang berintensitas tinggi. Dalam simulasi, diperagakan saat sekelompok orang tiba-tiba datang menyerang dengan jumlah masa yang banyak. Disana Brimob langsung mengamankan masa yang ricuh.

“Saya semakin yakin dengan peragaan yang tadi dilihatkan kepada semua bahwa rekan-rekan ke depan akan semakin terampil, mampu dan profesional,” ujar Sigit.

Pasukan ini juga memiliki kompi khusus yang anggotanya polisi wanita (Polwan), memiliki kemampuan tempur, menggunakan senjata api, serta mengamankan situasi dari gangguan keamanan oleh kelompok bersenjata.Mereka juga memiliki tim areal tactical surveillance atau tim sapu jagat yang melakukan pengamatan udara dengan menggunakan drone atau pesawat tanpa awak.

Pasukan  Respon Cepat atau Power Hands dipersiapkan untuk menghadapi konflik sosial/rusuh massa pada tataran aksi kekerasan kolektif dan sudah bukan lagi pada tahap unjuk rasa damai, gangguan keamanan oleh kelompok bersenjata, penyelamatan pejabat negara selain presiden dan wakil presiden, serta pencarian dan penyelamatan pada situasi kontinjensi yang berdampak masif, yaitu korban besar dan daerah terdampak cukup luas.***

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terbaru

Gabung dengan Kami

Loker Bogor Daily

Invitation Investor Gathering

Anton S Suratto

Perumda Tirta Pakuan

PAN Jawa Barat

Harlah PPP

Dirgahayu PDI Perjuangan

RSUD Ciawi

RSUD Leuwiliang

Antam

Harlah 1 Abad Nahdlatul Ulama

Perumda Tirta Kahuripan

Sienna Residence bogor

UIKA Bogor