Thursday, 25 April 2024
HomeKota BogorKedelai Mahal, Tempe-Tahu di Pasaran Jadi Kurus

Kedelai Mahal, Tempe-Tahu di Pasaran Jadi Kurus

Bogordaily.net– Harga kacang kedelai hingga kini masih belum terkendali. Akibatnya, volume tahu dan tempe yang beredar menjadi atau mengecil tak besar seperti biasanya.

Menurut pedagang tahu dan tempe Pasar Jambu Dua, Ade Hidayat, perubahan ukuran pada tempe dan tahu yang dijualnya dipicu lantaran harga kedelai saat ini tengah tinggi.

“Iya betul, sekarang tempe sama tahu dari pabriknya ukurannya berkurang, sedikit lebih kecil. Karena kan harga kedelainya lagi ,” kata Ade kepada Bogordaily.net, Selasa 1 Maret 2022.

Meski ukurannya lebih kecil, lanjut Ade, untuk harga jualnya masih tetap sama yaitu dikisaran Rp 5.000 sampai Rp 8.000 perkap atau pertoples.

“Ya, memang sangat mempengaruhi ke penjualannya sedikit berkurang. Tapi alhamdulillah sejauh ini persediaan tahu dan tempe masih aman,” ujarnya.

Ditempat terpisah, Humas Perumda Pasar Pakuan Jaya (PPJ) Kota Bogor, Iwan Arief Budiman membenarkan ukuran tahu dan tempe yang saat ini dijual memang mengecil.

“Iya benar, hampir seluruh pasar Kota Bogor ukuran tempe dan tahu sedikit lebih kecil,” kata Iwan.

Kendati demikian, lanjut Iwan, masyarakat tidak usah risau lantaran tahu dan tempe yang sebelumnya sempat langka, namun kini mudah didapatkan kembali. Hanya saja, ukurannya berbeda.

 

Heri Supriatna

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here