Monday, 29 April 2024
HomeNasionalKenaikan Anggaran Pembangunan Sirkuit Formula E, Wagub DKI Beri Penjelasan

Kenaikan Anggaran Pembangunan Sirkuit Formula E, Wagub DKI Beri Penjelasan

Bogordaily.net dalam pengerjaan sirkuit balap Formula E, sudah diketahui oleh Wakil Gubernur  (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria. yang awalnya R5 Miliar kini menjadi Rp60 miliar ini, menurutnya terjadi karena pembuatan ini merupakan sirkuit permanen.

Riza mnegatakan, sirkuit bersifat permanen agar bisa terus digunakan untuk kegiatan selanjutnya. Sehingga pemerintah tak perlu mengeluarkan yang cukup besar dikemudian hari.

“Seperti yang sudah disampaikan Pak Dirut Jakpro, memang ada penambahan dari 50 (miliar) ke 60 (miliar), karena sirkuit itu dibuat permanen, jadi dibuat lebih baik dan insyaallah bisa digunakan untuk kegiatan berikutnya,” kata Riza di Balai Kota Jakarta, Senin, 7 Maret 2022.

sirkuit untuk gelaran balap mobil Formula E di Kawasan Ancol, Jakarta, menelan anggaran sekitar Rp60 miliar. Anggaran itu menggunakan sumber dana dari PT Jakarta Propertindo (Jakpro).

Jika merujuk angka yang sebelumnya tertera dalam situs https://eproc.jakarta-propertindo.com, angka Rp60 miliar ini mengalami kenaikan. Dalam situs itu, lelang pekerjaan jasa rancang proyek pembangunan lintasan balap Formula E memiliki nilai harga perkiraan (HPS) sebesar Rp50,15 miliar.

Di sisi lain, Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono mengkritik anggaran itu. Gembong mengatakan uang Rp10 miliar bukan jumlah yang sedikit. Uang itu, kata dia, seharusnya dapat digunakan untuk hal yang lebih bermanfaat seperti mengatasi banjir di Jakarta.

“Itu sudah bisa menyelesaikan persoalan banjir itu,” kata Gembong saat dihubungi, Senin (7/3).

Ia mengatakan, anggaran itu juga menunjukkan PT Jakarta Propertindo (Jakpro) tidak matang dalam perencanaan.

Menurutnya, bila proyek sudah dilelang dengan nominal yang ditentukan, pelaksanaannya harus sesuai dengan harga yang disepakati.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here