Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaKisah Ibu Gorok Leher Anaknya, Ini Cara Benahi Mental Ibu Saat Alami...

Kisah Ibu Gorok Leher Anaknya, Ini Cara Benahi Mental Ibu Saat Alami Stres

Bogordaily.net – Beberapa hari lalu, beredar video seorang anak nya sendiri. Aksi sang ibu, dilatar belakangi karena beban mental yang ia derita.   Sang ibu, nampak mengalami stres atau depresi.

Di dalam ruangan itu, ia membeberkan pada petugas bahwa dirinya dikurung sejak kecil. Selain itu, ia juga mengaku bahwa sangat ingin disayang oleh suaminya.

Dalam peristiwa anaknya ini, bisa menjadi pembelajaran bagi semua bahwa menjaga mental perempuan atau seorang ibu menjadi sangat penting.

Ketika mental Ibu baru justru tak masuk perhitungan atau bahkan diabaikan, besar kemungkinan Ibu akan mengalami berbagai masalah mental serius yang berlangsung selama berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan.

Untuk mencegah hal tersebut terulang kembali, yuk simak penjelasan mengenai cara menjaga mental ibu di bawah ini!

1. Ingat untuk menjaga diri sendiri
Satu hal yang perlu dilakukan ibu pertama kali adalah mengingat soal pentingnya menjaga diri sendiri.

Ibu punya banyak peran di rumah. Jangan sampai Anda terlalu sibuk dengan berbagai peran yang dilakoni. Untuk itu, penting bagi Anda agar selalu mengingat pentingnya menjaga diri sendiri.

“Jika kita tak bisa menjaga diri sendiri, kita juga tak bisa mengurus atau merawat orang lain,” ujar Peabody.

2. Olahraga
Olahraga menjadi salah satu cara menjaga mental ibu.

Olahraga juga diketahui dapat meningkatkan mood dan kesejahteraan emosional. Mengutip Healthshots, olahraga dapat membantu menjaga fisik dan psikir.

Sejumlah penelitian telah merekomendasikan olahraga sebagai salah satu aktivitas untuk menjaga suasana hati dan membantu tubuh memproduksi hormon pemicu rasa bahagia.

3. Bertemu teman
Kehadiran teman akan meminimalisasi rasa kesepian yang biasa dialami ibu. Di tengah pandemi, untuk menekan risiko penularan, Anda bisa sekadar mengobrol dengan teman melalui chat atau telepon.

4. Me time
Di tengah kesibukan mengurus rumah tangga, ibu juga perlu mendedikasikan waktunya untuk diri sendiri. Kebiasaan ini kerap disebut ‘me time'.

Me time bisa menjadi momen yang tepat untuk mengisi ulang energi. Lakukan hal-hal yang Anda sukai saat me time, mulai dari membaca buku, mendengarkan musik, atau apa pun.

5. Tidur yang cukup
Tidur punya peran penting dalam menjaga secara menyeluruh, baik fisik dan psikis. Sama seperti me time, tidur juga menjadi momen yang tepat untuk mengisi ulang energi.

6. Jangan Terpaku pada Kehidupan Media Sosial

Salah satu kesalahan terbesar orang tua yang jarang disadari adalah mempercayai kehidupan sempurna yang ditampakkan dalam media sosial dan menjadikannya standar pengasuhan.

Harus diakui bahwa media sosial juga membuka jalan bagi para orangt ua untuk berinteraksi dengan orang lain maupun komunitas untuk saling berbagi informasi serta dukungan dalam hal parenting.

Namun, jangan lupakan dampak buruk yang bisa mengganggu mental ibu, seperti adanya serangan mom shaming hingga penggunaan media sosial sebagai lahan untuk saling membandingkan kondisi keluarga.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here