Saturday, 27 April 2024
HomeTravellingLagi Tren Perkampungan Jadi Desa Wisata, Ini Kategorinya

Lagi Tren Perkampungan Jadi Desa Wisata, Ini Kategorinya

Bogordaily.net–Belakangan nama tren menjadi salah satu tujuan wisatawan. bisa menjadi pilihan alternatif para traveler selain mengunjungi pantai atau wahana lainnya. Pariwisata alternatif ini pun memberikan konsep wisata lebih bersahabat dengan alam dan masyarakat lokal terlebih di tengah pandemi.

Untuk mengakomodir tren tersebut, pemerintah kini fokus mengembangkan potensi di berbagai wilayah Indonesia dengan mempromosikan keunikan dan kearifan lokal setempat.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno meyakini setiap desa memiliki keindahan alam dan budaya yang khas.

“Diharapkan bisa menjadi destinasi liburan yang berkualitas dengan daya saing global,” kata Sandiaga dilansir dari Suara.com dalam peluncuran program Maju Bersama , kolaborasi antara Kemenparekraf dan OYO.

Sandiaga Uno menjelaskan ada beberapa kategori yang bisa menjadikan sebuah desa disebut sebagai , yakni kategori daya tarik pengunjung yang meliputi keunikan dan keaslian alam maupun buatan, serta seni dan budaya. Selain itu kategori homestay, lalu kategori suvenir yang mencakup produk-produk kuliner, kriya, dan fesyen.

“Mendorong toilet umum yang bersih dan sanitasi yang berkelas international,” tambah mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini.

Selain toilet umum, kategori lainnya adalah seluruh akomodasi harus telah memiliki standar dan sertifikasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability). Terakhir, kategori kelembagaan .

“Kami juga mendorong untuk mempunyai event-event berdasarkan kearifan lokal,” ujarnya.

Sementara itu di Kabupaten Bogor salah satu tempat yang menjadi adalah Desa Wisata Cimandala Batulayang. Desa di kawasan, Puncak, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor ini ditunjuk sebagai desa wisata berkelanjutan dari 30 desa lainnya di Indonesia oleh Kementrian Pariwisata Kementerian pariwisata Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Desa wisata berkelanjutan tersebut menjadi aset pariwisata Indonesia, yang mengangkat kearifan lokal dan keterlibatan masyarakat menggerakan bisnis pariwisata dalam satu paket sapta pesona.

Pada Rabu 26 Januari 2022 lalu adalah Desa Wisata Cimandala Batulayang diresmikan Bupati Bogor, Ade Yasin.

Ia mengungkap, banyak sekali potensi dari 435 desa dan kelurahan, sebagian besar desa bisa dikelola potensi pariwisatanya, maupun sumber potensi ekonomi lainnya, salah satunya Desa Wisata Cimandala Batulayang.

“Kita harus lebih meningkatkan potensi ini tanpa merusak alam. Desa wisata ini tidak merusak alam, hanya ditata dan dikelola saja. Maka kita harus jaga dan rawat baik-baik, jangan membuang sampah sembarangan, selebihnya tetap jaga protokol kesehatan,” ujar Ade Yasin.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here