Lagi Tren Perkampungan Jadi Desa Wisata, Ini Kategorinya

Menu

Mode Gelap
Piala Dunia 2022: Link Live Streaming Polandia vs Argentina Piala Dunia 2022: Ghana Sikut Korea Selatan 3-2 Merosot, Ini Harga Emas per Gram Hari Ini Lagi, Gempa Susulan Guncang Cianjur 21 Kali dalam Semalam Lokasi, Harga dan Syarat Perpanjang SIM di Kabupaten Bogor

Wisata · 4 Mar 2022 10:19 WIB

Lagi Tren Perkampungan Jadi Desa Wisata, Ini Kategorinya


 Salah satu desa wisata di Kabupaten Bogor. (Putu Intan/Detik.com) Perbesar

Salah satu desa wisata di Kabupaten Bogor. (Putu Intan/Detik.com)

Bogordaily.net–Belakangan nama desa wisata tren menjadi salah satu tujuan wisatawan. Desa wisata bisa menjadi pilihan alternatif para traveler selain mengunjungi pantai atau wahana lainnya. Pariwisata alternatif desa wisata ini pun memberikan konsep wisata lebih bersahabat dengan alam dan masyarakat lokal terlebih di tengah pandemi.

Untuk mengakomodir tren tersebut, pemerintah kini fokus mengembangkan potensi Desa Wisata di berbagai wilayah Indonesia dengan mempromosikan keunikan dan kearifan lokal setempat.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno meyakini setiap desa memiliki keindahan alam dan budaya yang khas.

“Diharapkan desa wisata bisa menjadi destinasi liburan yang berkualitas dengan daya saing global,” kata Sandiaga dilansir dari Suara.com dalam peluncuran program Maju Bersama Desa Wisata, kolaborasi antara Kemenparekraf dan OYO.

Sandiaga Uno menjelaskan ada beberapa kategori yang bisa menjadikan sebuah desa disebut sebagai desa wisata, yakni kategori daya tarik pengunjung yang meliputi keunikan dan keaslian alam maupun buatan, serta seni dan budaya. Selain itu kategori homestay, lalu kategori suvenir yang mencakup produk-produk kuliner, kriya, dan fesyen.

“Mendorong toilet umum yang bersih dan sanitasi yang berkelas international,” tambah mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini.

Selain toilet umum, kategori lainnya adalah seluruh akomodasi harus telah memiliki standar dan sertifikasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability). Terakhir, kategori kelembagaan desa wisata.

“Kami juga mendorong desa wisata untuk mempunyai event-event berdasarkan kearifan lokal,” ujarnya.

Sementara itu di Kabupaten Bogor salah satu tempat yang menjadi desa wisata adalah Desa Wisata Cimandala Batulayang. Desa di kawasan, Puncak, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor ini ditunjuk sebagai desa wisata berkelanjutan dari 30 desa lainnya di Indonesia oleh Kementrian Pariwisata Kementerian pariwisata Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Desa wisata berkelanjutan tersebut menjadi aset pariwisata Indonesia, yang mengangkat kearifan lokal dan keterlibatan masyarakat menggerakan bisnis pariwisata dalam satu paket sapta pesona.

Pada Rabu 26 Januari 2022 lalu adalah Desa Wisata Cimandala Batulayang diresmikan Bupati Bogor, Ade Yasin.

Ia mengungkap, banyak sekali potensi dari 435 desa dan kelurahan, sebagian besar desa bisa dikelola potensi pariwisatanya, maupun sumber potensi ekonomi lainnya, salah satunya Desa Wisata Cimandala Batulayang.

“Kita harus lebih meningkatkan potensi ini tanpa merusak alam. Desa wisata ini tidak merusak alam, hanya ditata dan dikelola saja. Maka kita harus jaga dan rawat baik-baik, jangan membuang sampah sembarangan, selebihnya tetap jaga protokol kesehatan,” ujar Ade Yasin.***

 
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Chillax Resmi Dibuka, Tongkrongan ala Eropa di Selatan Jakarta

1 Desember 2022 - 20:45 WIB

Jadi Lokasi Pernikahan Kaesang dan Erina, Ini Sejarah Pura Mangkunegaran

1 Desember 2022 - 11:54 WIB

Candi Jiwa Karawang, Wisata Sejarah di Jawa Barat: Lokasi dan Rute

30 November 2022 - 12:33 WIB

Siap-Siap, Bali Bakal Jadi Wisata Kesehatan

29 November 2022 - 23:02 WIB

Review Wisata Anak Kuntum Farmfield Bogor, Lokasi dan Harga Tiket Masuk

28 November 2022 - 22:53 WIB

Kuntum Farmfield

Mau Liburan Bareng Keluarga? Ke Marcopolo Water Adventure Aja!

27 November 2022 - 21:51 WIB

Trending di Wisata