Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaMalas Jalan Kaki? Buang Malasmu, Karena Jalan Kaki Awal Dari Hidup Sehat

Malas Jalan Kaki? Buang Malasmu, Karena Jalan Kaki Awal Dari Hidup Sehat

Bogordaily.net – Melakukan aktivitas punya segudang manfaat bagi tubuh. Berjalan kaki, merupakan olahraga ringan dan langkah awal dari hidup sehat.

Bicara tentang aktivitas fisik yang menyehatkan, banyak orang yang masih memandang “rendah” .

tidak hanya meregangkan otot tubuh, tapi juga membuat pikiran lebih rileks. Dengan berjalan kaki, kita bisa menghilangkan penat dalam otak kita. Terlebih, dengan segala aktivitas yang sudah kita lakukan sehari-hari.

Nah, berikut manfaat yang bisa didapat dari .

1.Menjaga berat badan ideal atau menurunkan berat badan

Menurut dr. Nadia dilansir dari klikdokter mengatakan, dengan berjalan kaki selama 30 menit, Anda dapat membakar sekitar 90-200 kalori.

“Bahkan meski berat badan tidak turun dengan signifikan, bisa menurunkan lingkar paha dan perut,” tambahnya.

Agar kalori yang dibakar lebih banyak, dr. Nadia menyarankan untuk meningkatkan intensitas menjadi lebih cepat dan lama. Namun sama seperti olahraga lainnya, jangan lupa untuk melakukan pemanasan terlebih dulu.

2. Bagus untuk menenangkan diri

Berjalan kaki bisa menjadi momen relaksasi, meski Anda berjalan di jalanan yang ramai.

Anda bisa berjalan sambil mendengarkan musik favorit atau yang punya efek menenangkan. Jangan lupa pakai masker untuk mengurangi paparan polusi udara.

3. Kaki jadi lebih kencang

30 menit sehari dapat menguatkan dan mengencangkan otot-otot paha dan betis.

Jika sudah terbiasa rutin tiap hari, kombinasikan dengan latihan kekuatan (misalnya lunges, squats, dan lain-lain) dua kali seminggu. Dijamin, kaki Anda akan lebih kencang.

4. Menurunkan risiko terkena penyakit kronis

Menurut American Diabetes Association, secara rutin dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan menurunkan risiko terkena penyakit diabetes.

Selain itu, berdasarkan studi yang dilakukan oleh Universitas Boulder Colorado dan Universitas Tennessee di Amerika Serikat (AS), rutin berjalan kaki dapat menurunkan risiko hipertensi dan stroke hingga 20-40 persen.

Tak hanya itu saja, setiap hari selama minimal 30 menit juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Hal ini sesuai dengan hasil riset yang dipublikasikan dalam “New England Journal of Medicine”.

Itulah empat manfaat dari berjalan kaki. Mencoba dirikan hidup sehat sejak dini, tidak akan merugikan bagi kalian. Pasalnya, jika kita sudah menerapkan pola hidup sehat secara tidak langsung akan berpengaruh di hari tua nanti.

Yuk, tetap semangat dan jangan lupa untuk berjalan kaki.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here