Tuesday, 21 May 2024
HomeNasionalMantan Dubes RI: Indonesia Tak Punya Power Bantu Selesaikan Konflik Rusia-Ukraina

Mantan Dubes RI: Indonesia Tak Punya Power Bantu Selesaikan Konflik Rusia-Ukraina

Bogordaily.net – Indonesia dianggap belum memiliki kekuatan yang besar untuk mampu memberikan solusi strategis guna menyelesaikan . Meskipun perwakilan RI telah memberikan dukungan kepada Ukraina melalui resolusi .

Namun demikian, mantan Duta Besar Indonesia untuk Australia dan China, Prof Imron Cotan, berharap Indonesia bisa mendorong penyelesaian melalui jalur diplomasi atau perundingan.

“Indonesia harus memberikan solusi, bukan memberikan kecaman-kecaman. Meski saya tidak yakin, Indonesia memiliki power untuk memberikan solusi kedua belah pihak dalam diplomasi,” kata Imron Cotan lewat keterangannya secara virtual, Kamis 3 Maret 2022.

“Tapi langkah-langkah itu tetap harus ditawarkan dan kita bisa menjadi tuan rumah negosiasi,” sambungnya.

Selain itu, Imron menilai, keberadaan PBB terutama Dewan Keamanan saat ini perlu dilakukan reformasi, karena kerap dijadikan alat untuk menghambat solusi damai atas konflik di suatu negara. Atau digunakan sebagai alat negara tertentu melalui hak veto lima negara tetap DK PBB.

“Memang sudah tiba saatnya mereformasi PBB, karena pasti memihak. Jadi percuma kita membawa ini ke Dewan Keamanan PBB sebagai organ internasional tertinggi di bidang keamanan internasional. Paling kita bisa bicara di Sidang saja,” demikian Imron.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here