Friday, 17 May 2024
HomeTravellingMelihat Indahnya Curug Cilember yang Tak Ada Duanya

Melihat Indahnya Curug Cilember yang Tak Ada Duanya

Bogordaily.net – Bumi Tegar Beriman berada di dataran tinggi, dikelilingi sejumlah gunung sehingga mempunyai udara sejuk. Karenanya banyak wisata alam, salah satunya yakni yang berlokasi di Desa Cilember, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, menjadi destinasi favorit yang wajib dikunjungi.

Selain air terjun, menawarkan sejumlah kegiatan lainnya bagi wisatawan, seperti camping, mengunungi hutan pinus, taman kupu-kupu, bermalam di rumah kepompong, dan villa.

Kawasaan curug didominasi pohon pinus merkusi di lahan sekitar 5,9 hektare. Air terjunnya berada di tengah hutan lebat. juga terkenal dengan tujuh jenis air terjunnya.

Bahkan curug ini mempunyai keunikan sendiri yang menjadi ciri khasnya, yakni memiliki tujuh titik air terjun. dan mempunyai satu sumber mata air, kemudian terbagi mengaliri tujuh titik air terjun.

Curug Cilember

Jarak satu titik air terjun dengan lainnya kurang lebih 150 hingga 450 meter. Masing-masing air terjun memiliki kolam di bawahnya sehingga wisatawan dapat bermain di kolam tersebut.

Setiap air terjun diberi nomor urut dari 1-7. Curug nomor 7 berada paling dekat dengan pintu masuk, atau sekitar 300 meter dari pintu kedatangan wisatawan.

Sebaliknya, curug nomor 7 lokasinya paling jauh dari pintu masuk. Perjalanan dari satu curug ke curug lainnya menjadi pengalaman seru bagi pengunjung.

Ketinggian air terjunnya bervariasi, dari jeram yang pendek hingga dengan jeram tertinggi mencapai 40 meter. Wana wisata ini terletak pada ketinggian 900 mdpl, dengan suhu udara 18 – 230 C yang membuat kawasan sekitar berhawa sejuk.

Menurut Hendi (39) warga Kota Depok, yang sedang berkunjung ke curug tersebut, dirinya sudah 3 kali datang, dengan alasan memang menjadi tempat favorit saat akhir pekan tiba.

“Udah 3 kali mas sama ini main kecurug cilember, sejuk aja gitu, pokonya favorit deh tempatnya,” ujarnya Minggu 20 Maret 2022.

Lanjutnya ia mengatakan, saat berkunjung yang lebih favorit adalah perjalanan menuju curug, karena langsung melihat deretan pohon pinus yang asri saat memasuki area wisata.

“Bagus pokonya kaya di film gitu pohonnya pas perjalanan. Tiket masuknya juga terjangkau mas,” terangnya.

Tiket reguler Wisatawan lokal Rp25 ribu, sedangkan tiket reguler wisatawan mancanegara Rp75 ribu. Adapun biaya untuk parkir kendaraan roda empat Rp10 ribu rupiah dan roda dua Rp5 ribu rupiah.*

(Irfan Ramadhan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here