Memacu Andrenalin di Wisata Goa Tanding

Menu

Mode Gelap
Info Terkini Gempa Menurut BMKG, Sabtu 28  Januari 2023 Link Streaming Man City vs Arsenal, Aman dan Legal Catat, Ini Nomor Hotline Pengaduan Penculikan Anak di Kota Bogor Doa Buka Puasa Rajab 2023 dan Qadha Ramadhan Lengkap Pasar Kaget di Taman Heulang Dikeluhkan Warga, Sahib Khan Usulkan Relokasi

Wisata · 15 Mar 2022 11:24 WIB

Memacu Andrenalin di Wisata Goa Tanding


 Goa Tanding Terletak di Kabupaten Gunungkidul, Yogjakarta. (desawisata/Bogordaily.net) Perbesar

Goa Tanding Terletak di Kabupaten Gunungkidul, Yogjakarta. (desawisata/Bogordaily.net)

IIMS

Bogordaily.net – Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta memiliki banyak sekali tempat wisata yang sangat indah dan patut di kunjungi. Salah satu destinasi wisata di Kabupaten Gunungkidul yang cukup memacu andrenalin adalah wisata Goa Tanding.

Keindahan Goa Tanding ini tak kalah dengan wisata Goa Pindul,karena Goa Tanding Gunungkidul memiliki lorong Ga yang cukup panjang dan luas yang didalam nya terdapat air yang biasa dijadikan wisata cave boating.

 

Goa Tanding Gunungkidul ini pada awalnya ditemukan oleh seseorang yang bernama Harto Tanding dari Daerah Bejiharjo saat akan menggali sumur tidak menemukan sumber air,dan kemudian terus menggali tanah semakin dalam.

Setelah Harto Tanding dan keluarganya menggali tanah kemudian alat yang di pakai yaitu linggisnya menembus rongga tanah yang ternyata adalah sebuah Goa bawah tanah,sehingga sampai saat ini nama Goa ini disebut dengan Goa Tanding.

Goa Tanding Gunungkidul ini memiliki kedalaman air sekitar 4 meter dengan jarak air dengan atap Goa diantara 5 meter hingga sampai 15 meter.

Lebar Goa Tanding ini antara 4 meter hingga sampai 9 meter di titik Goa paling lebar,sedangakan untuk panjang Goa sebagai tempat susur Goa mecapai 460 meter dengan durasi waktu sekitar 1,5 jam.

Keindahan didalam goa ini, disugukan pemandangan stalaktit dan stalagmit yang cukup indah. Keindahan didalam nya, kerap kali dijadikan moment untuk memgabadikan foto para wisata yang datang kesana.

Lokasi Goa Tanding ini sangat dekat dengan Goa Pindul karena hanya berjarak sekitar 500 meter saja,jika dari pusat kota Kabupaten Gunungkidul berjarak sekitar 16 Km dengan waktu tempuh sekitar 30 menit perjalanan menggunakan kendaraan pribadi.

Untuk sampai di lokasi wisata, kalian harus menuju arah seperti menuju Goa Pindul,nanti Sobat akan menemukan papan petunjuk jala menuju destinasi Goa Tanding yang Sobat tuju,jika masih bingung bisa menggunakan google maps.

Harga tiket masuk ini merupakan harga paket lengkap, setiap orang dikenakan biaya Rp 150.000 dengan fasilitas antara lain:
*Perahu karet/inflatable boat.
*Baju/Jaket plampung.
*Helm safety.
*Sepatu karet.
*Pemandu wisata profesional.
*Asuransi keselamatan.
*Free makan 1 kali.
*Free parkir dan kamar mandi.

Harga tiket masuk Goa Tanding tersebut tentunya sebanding dengan fasilitas yang diberikan oleh pihak pegelola. Nah, untuk kapasitas boatnya adalah 7 orang dengan 2 orang pemandu.

Jika kalian ingin berkunjung ke lokasi wisata Goa Tanding Gunungkidul ini bersama rombongan, alangkah baiknya untuk konfirmasi terlebih dahulu, karena untuk masuk Goa Tanding hanya bisa 3 sampai 4 boat saja sekali masuk.

Untuk jam Buka Wisata Goa Tanding Gunungkidul, mulai pukul 08.00 hingga pukul 16.00 WIB.

Penyusuran Gao Tanding Jogjakarta ini tak kalah menarik dan tak kalah menantang dari wisata rafting Goa Pindul, karena lokasi Goa yang cukup luas dan panjang yang membuat moment moment keseruan disetiap titik lokasi yang keren.

Waktu yang paling tepat untuk melakukan cave boating Goa Tanding adalah sebelum matahari beranjak naik, sehingga masih ada cahaya masuk ke dalam Goa. Namun tak perlu khawatir jika cuaca dalam Goa Tanding ini gelap, sebab pengunjung juga sudah dibekali dengan senter penerangan.***

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Curug Cipeuteuy Bogor, Tempat Asyik Habiskan Akhir Pekan

29 January 2023 - 17:48 WIB

Curug Cipeuteuy bOGOR

Curug Tebing, Air Terjun Tersembunyi di Hutan Pamijahan

29 January 2023 - 12:16 WIB

Curug Tebing di Desa Ciasmara, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor.

Camping Ground Pasir Luhur Pamijahan, Wisata Kemah Eksotis Dikelilingi Pohon Pinus

29 January 2023 - 11:42 WIB

Camping ground Bumi Perkemahan Pasir Luhur

Situs Cibalay, Salah Satu Wisata Geopark dan Sejarah di Kabupaten Bogor

28 January 2023 - 22:04 WIB

Situs Cibalay

Museum Zoologi Bogor, Wisata Edukasi yang Sudah Ada Sejak 1894

26 January 2023 - 08:59 WIB

Museum Zoologi Bogor, Wisata Edukasi yang Sudah Ada Sejak 1894

Tips Aman Mendaki Kawah Ratu, Cekidot!

26 January 2023 - 00:24 WIB

Trending di Wisata