Friday, 29 March 2024
HomeBeritaMengenal Ivanna Lie, Pebulu Tangkis Indonesia Era 1980-an Miliki Segudang Prestasi

Mengenal Ivanna Lie, Pebulu Tangkis Indonesia Era 1980-an Miliki Segudang Prestasi

Bogordaily.net – Ing Hoa merupakan pemain bulu tangkis Indonesia era 1980-an. Ivana Lie merupakan pemain yang mampu turun di tiga nomor yaitu tunggal putri, ganda putri dan ganda campuran.

Ivana yang menyukai bulu tangkis sejak kecil ini berasal dari keluarga yang sangat sederhana. Kala itu pada saat duduk di bangku Sekolah Dasar (SD), ia hanya ikut-ikutan untuk mengikuti pertandingan bulu tangkis.

Karena sering memenangkan pertandingan tersebut, Ivana mendapat keringanan untuk membayar uang sekolah. Hal tersebut menjadi motivasi terbesar Ivana untuk memfokuskan diri pada bulu tangkis.

ivanna lie
Karier gemilang Ivana adalah saat ia menjuarai Taiwan Open 1982, Indonesia Open dan Sea Games pada 1983, dan Chinese Taipei Masters Invitation 1984. Tidak hanya itu saja, dia juga menjadi runner-up di 1984 World Badminton Grand Prix.

Ivana yang awalnya seorang pemain bulu tangkis tunggal putri, ternyata juga mampu bermain dalam ganda campuran dan sukses menjuarai beberapa turnamen, seperti Asian Games (1982).

Lalu menjuarai Badminton World Cup (1983), Indonesia Open (1983, 1984) dan U.S. Open (1988), berpasangan dengan Christian Hadinata.

Disisi lain, pada ganda putri, Ivana memenangi Indonesia Open (1986, 1987), China Open yang pertama (1986), dan menjadi finalis World Badminton Grand Prix (1986). Ivana juga memperkuat tim Indonesia pada Piala Uber, yaitu pada tahun 1978, 1981, dan 1986.

Setelah pensiun, Ivana sempat membuka usaha garmen dengan merk Levana. Selain itu ia juga aktif menjadi pelatih bulu tangkis yang mengkhususkan diri melatih anak-anak, dengan olahraga hasil temuannya, badmini, olahraga bulu tangkis yang dimodifikasi untuk anak-anak.

Karena dikenal sebagai perempuan yang aktif dan populer, Ivana juga pernah menjadi komentator pertandingan bulu tangkis.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here