Saturday, 4 May 2024
HomeKulinerMengenal Perbdaan Nasi Kebuli dengan Nasi Briyani

Mengenal Perbdaan Nasi Kebuli dengan Nasi Briyani

Bogordaily.net -Nasi briyani, berasal dari negara Timur Tengah, hidangan ini sering disamakan dengan salah satu hidangan nasi asli dari Indonesia, yakni . Namun, keduanya berbeda.

Pada nyatanya, kedua hidangan ini memiliki sejumlah perbedaan, bahkan dari tempat asal pun sudah berbeda.

merupakan hidangan asli Indonesia. dibuat oleh warga keturunan Arab Saudi yang telah menetap di Indonesia.

Hidangan ini populer di antara masyarakat Betawi. sering dikatakan mirip dengan nasi Briyani, salah satunya karena memang terpengaruh dari budaya Arab Timur Tengah.

Nasi ini merupakan hidangan yang berasal dari Asia Selatan (India dan Pakistan). Di negara asalnya, hidangan ini disebut biryani, biriani, beriani, atau briyani. Nama “Biryani” berasal dari Bahasa Persia yang artinya goreng atau panggang.

dibuat dengan cara menanak nasi bersama kaldu dan susu kambing. Selain itu, dicampurkan juga daging kambing yang ditumis, kemudian diberikan minyak samin untuk memberi aroma yang khas, dan dimasak dengan bumbu halus yang terdiri dari bawang putih, bawang merah, lada hitam, cengkih, ketumbar, jintan, kapulaga, kayu manis, pala, dan minyak samin.

biasa disajikan dengan asinan nanas dan sambal goreng ati. Biasanya, memiliki aroma seperti kari.

Jika dimasak bersamaan dengan kaldu, nasi briyani dibuat dari beras yang sudah direbus di panci lain secara terpisah dan tidak diberi kaldu dan susu kambing.

Rempah-rempah yang digunakan untuk memasak nasi briyani pun ada yang berbeda, yaitu menggunakan kacang-kacangan, salam koja, ketumbar, daun mint, jahe, bawang Bombay, dan beberapa rempah lainnya.

Setelah beras setengah matang, baru dicampur dengan kaldu yang sudah dibumbui, dan kemudian dimasak sampai menyerap di wadah tertutup.

Dari segi rasa, kedua hidangan ini tidak memiliki perbedaan yang jauh. memiliki rasa gurih yang berasal dari kaldu dan susu kambing.

memiliki cita rasa seperti kari dan aroma kapulaga yang menonjol, sedangkan nasi briyani lebih menonjolkan rasa kunyit.

Nasi briyani memiliki rasa pedas yang berbeda dengan kebanyakan masakan Indonesia dan memiliki rasa pedas yang hangat dari rempah yang digunakan. Nasi briyani memiliki rasa yang gurih dan kaya rempah.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here