Monday, 29 April 2024
HomeBeritaNgefly, Ular Piton Ini Kecanduan Sabu Hingga Lakukan Rehabilitasi

Ngefly, Ular Piton Ini Kecanduan Sabu Hingga Lakukan Rehabilitasi

Bogordaily.net – Seekor di Lembaga Pemasyarakatan John Morony, New South Wales (NSW), Australia diketahui kecanduan sabu. Ular tersebut ‘ngefly' dan menjadi lebih agresif karena kecanduan narkoba jenis methamphetamine tersebut.

Menurut petugas LP Ian Mithcell, ular hutan tersebut disita dalam penggerebekan polisi di sebuah pabrik sabu-sabu. Di tempat itu, kata Mitchell, ular telah menyerap narkoba melalui kulitnya.

“Butuh waktu untuk menghilangkan pengaruh obat pada ular tersebut. Dengan bantuan kami, kami berhasil menenangkannya setelah beberapa bulan, dan mengembalikan rutinitas pola makannya,” kata Mitchell, dilansir dari Instagram @hallofact, Senin, 7 Februari 2022.

Pusat perawatan satwa di penjara tersebut memiliki sekitar 250 ekor hewan termasuk kura-kura, walabi, posum, kookaburra, emu, kakatua, dan wombat.

Hewan-hewan yang terlibat dengan kasus pengadilan dimasukkan ke kotak begitu proses selesai dan menjalani rehabilitasi untuk ditampung di kelompok penyayang binatang atau pemilik yang memiliki izin.

Pusat perawatan juga menerima sejumlah hewan yang terluka dari pihak terkait termasuk dari lembaga perlindungan satwa RSPCA.

“Selain reptil yang terkait dengan kasus pidana, kami juga merehabilitasi ular berbisa seperti ular cokelat dan perut merah yang mungkin ditemukan di halaman atau di pinggir jalan,” kata Mitchell.

Salah satunya adalah yang disita dari lokasi penggerebekan pabrik sabu. Selama dipelihara oleh pelaku, ular tersebut telah menyerap narkoba melalui kulitnya.

Jelas menghilangkan pengaruh sabu pada tubuh ular tersebut tak mudah. Sebab, selama tujuh bulan di pabrik sabu, ular terus menerus menyerap uap sabu hampir tiap hari.

Para petugas lapas bahkan sampai memerlukan waktu enam minggu untuk mendetoksifikasi ular di pusat perawatan satwa liar penjara tersebut.

Selama enam minggu itu, ular tersebut kerap kebingungan akibat ‘ngefly'. Kecanduan sabu membuat ular juga jadi bersikap tidak menentu dan lebih agresif dari biasanya.

Setelah berhasil mendetoksifikasi ular tersebut dari pengaruh sabu, para petugas bisa menormalkan kembali dan membuat pola makannya seperti sedia kala.

Kejadian mengundang ragam komentar dari warganet. Banyak dari mereka melontarkan candaan karena kecanduan sabu.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here