Thursday, 25 April 2024
HomeNasionalPanic Buying, Kemendag Cium Aroma Masyarakat Menimbun Minyak Goreng

Panic Buying, Kemendag Cium Aroma Masyarakat Menimbun Minyak Goreng

Bogordaily.net – Kementerian Perdagangan (Kemendag)  mencium indikasi warga menimbun (migor) di rumah. Dugaan ini dilandasi produksi yang sudah cukup besar.

Inspektur Jenderal Kementerian Perdagangan Didid Noordiatmoko memastikan saat ini produksi migor sudah mendekati kebutuhan dalam negeri sehingga kelangkaan terhadap produk tersebut seharusnya bisa teratasi paling lambat pada akhir Maret 2022.

“Persediaan sebenarnya tersedia. Selisih kebutuhan ini sudah mendekati normal. Akhir bulan ini secara teoritis sudah cukup,” kata Didid seperti dilansir Antara, Jakarta, Selasa, 8 Maret 2022.

Berlarut-larutnya kelangkaan , lantaran kompleksnya persoalan dari hulu hingga ke hilir.Pemerintah secara bertahap menyelesaikan persoalan produksi hingga distribusi migor sehingga dapat diperoleh dengan mudah dengan harga yang terjangkau di .

Akan tetapi, muncul persoalan baru yang merupakan dampak dari kenaikan harga dan kelangkaan barang yakni .

Lantaran sempat kesulitan mendapatkan migor dengan harga yang terjangkau membuat membeli melebih kebutuhan ketika mendapatkan kesempatan.

Padahal, hasil riset menyebutkan kebutuhan per orang hanya 0,8-1 liter per bulan. Artinya, kini banyak rumah tangga menstok minyak goreng.

“Tapi ini baru terindikasi,” kata dia.

Sembari menunggu stabilnya antara permintaan dan ketersediaan barang ini, pemerintah akan menggelar Operasi Pasar di setiap kabupaten/kota di Sumsel mulai pekan depan.

Dalam OP ini dapat membeli migor dengan harga sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET), untuk migor kemasan premium Rp14.000 per liter, minyak goreng kemasan sederhana Rp13.500 per liter dan minyak curah Rp11.500 per liter yang sudah ditetapkan sejak 1 Februari 2022.

Kelangkaan migor ini pun, membuat sejumlah warga rela panjang demi mendapatkan minyak sayur ini.

Bahkan, video viral yang sempat beredar terkait minyak sayur. Dalam video yang viral itu, nampak barisan mengantre didepan sebuat toserba yang belum buka.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here