Thursday, 25 April 2024
HomeKota BogorPemkot Bogor Serius Jadikan Rancamaya Jadi Destinasi Wisata Kampung Durian

Pemkot Bogor Serius Jadikan Rancamaya Jadi Destinasi Wisata Kampung Durian

Bogordaily.net – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor serius menjadikan wilayah di , Kecamatan Bogor Selatan, sebagai destinasi wisata baru yang ada di Kota Bogor yaitu . Hal itu, lantaran wilayah yang berada di ujung selatan Kota Bogor itu sudah dikenal dengan duriannya sejak puluhan tahun.

Sebagai awal rencana dijadikannya destinasi wisata , bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) melakukan penanaman bibit durian di lahan milik warga.

Bima mengatakan, apa yang dilakukannya ini merupakan upaya Pemerintah Kota Bogor untuk menyongsong ekonomi, sekaligus di dalam mensejahterakan perekonomian warga pasca pandemi Covid-19.

“Jadi Rancamaya ini sejak dulu memang sudah di kenal . Nah kita ingin kembalikan lagi,” kata Bima kepada wartawan usai menanam bibit durian di Rancamaya, Rabu, 16 Maret 2022.

Politisi Partai Amanat Nasional () ini mengakui, dirinya hadir dalam acara ini ikut melakukan penanaman bibit durian yang ke 2700 bibit. Namun, dirinya tidak menjelaskan jenis bibit pohon durian yang ditanamnya.

“Sebelumnya tim dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) yang berkolaborasi dengan warga, kontak tani, katedra, KTD, dan KTW sudah menanam ribuan pohon dan tadi saya menanam bibit yang ke 2700 bersama Pak Kapolresta,” ujarnya.

Dia pun berpesan tiga hal dalam rencana destinasi wisata ini. Yang pertama, kata Bima, menjaga kualitas dari durian tersebut dan harus berbeda karena di sini ada durian yang menjadi andalan yaitu durian kempis dan durian wajit. Kemudian pengelolaannya harus betul-betul di jaga, koperasinya harus profesional dan terakhir nilai jualnya.

“Saya berharap di sini ada nuansa tradisional kesundaannya, sehingga bisa menjadi destinasi wisatanya yang mensejahterakan warga. Karena ini konsepnya dari warga untuk warga dan juga untuk semua,” harapnya.

Lanjut Bima, durian-durian yang ditanam di sini pun bukan hanya ditanam di lahan yang luas saja, tetapi di masing-masing halaman rumah warga pun ditanami, sehingga memiliki keunikan sendiri dan durian pun mudah serta memiliki varian banyak untuk didapatkan.

“Masing-masing bisa dibantu melakukan pendampingan, pembinaan agar bisa memilih variannya dan juga bagaimana agar panen yang sesuai dengan yang ditargetkan,” pungkasnya.*

(Heri Supriatna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here