Thursday, 16 May 2024
HomeEkonomiPerdana, Cumi Tangkapan Nelayan Indonesia Diekspor ke Australia

Perdana, Cumi Tangkapan Nelayan Indonesia Diekspor ke Australia

Bogordaily.net–PT Mitra Bumdes Nusantara melakukan perdana cumi-cumi beku sebanyak 10,5 ton ke Australia. Kebutuhan negara tetangga terhadap komoditi hasil laut salah satunya cumi yang merupakan hasil tangkapan nelayan mendapat respon dari perusahaan Indonesia tersebut.

Acara pelepasan perdana cumi-cumi beku ke Australia langsung dilakukan Komisaris Utama PT Mitra Bumdes Nusantara (MBN) Bagya Mulyanto bersama Direktur Utama Wiyoto di Jakarta, Selasa, 8 Maret 2022.

Pria yang juga sehari-hari menjabat Direktur Keuangan Perum BULOG itu menyebut kegiatan perdana tersebut berbicara banyak hal. Namun, yang terpenting kata dia adalah upaya yang konsisiten untuk terus menerus meningkatkan kesejahteraan nelayan dengan melakukan belanja langsung ke nelayan.

“Upaya membantu petani dilakukan dalam beberapa hal, mulai mendapat akses internasional ke Australia, kemampuan memenuhi standar kualitas Internasional dan akses pembiayaan,” kata Bagya.

PT Mitra Bumdes Nusantara mengekspor cumi-cumi beku hasil tangkapan nelayan Indonesia ke Australia.(Istimewa/Bogordaily.net)

Direktur Utama BMN Wiyoto mengatakan, cumi-cumi beku yang diekspor merupakan hasil tangkapan nelayan dari Bangka-Belitung yang kemudian diproses secara modern guna menjaga kualitas kesegaran cumi yang terbaik dan juga proses pengemasan berstandar internasional.

perdana oleh ini akan dilanjutkan dengan berikutnya untuk berbagai jenis ikan dari perairan Nusantara ke negara-negara yang membutuhkan,” ujar Wiyoto.

Sementara itu ukuran cumi-cumi segar hasil tangkapan nelayan tersebut umumnya berukuran sedang dan besar dengan besaran rata-rata mulai dari 15cm – 30cm.  Produk eskpor tersebut juga telah melewati standar pengujian mutu dan pemeriksaan lainnya sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku.

PT MBN juga menggandeng INPAC (sebagai fasilitas pemrosesan) dan BANK Bank Syariah Indonesia (BSI) (selaku pembiayaan ) untuk melaksanakan Perdana ke Australia tersebut.(Gibran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here