Tuesday, 7 May 2024
HomeBeritaPersiapan Mental Penting untuk Menghadapi Kehidupan Pernikahan 

Persiapan Mental Penting untuk Menghadapi Kehidupan Pernikahan 

Bogordaily.net – Dra. Darjanti Kalpita Rahajuningrum, Psikolog memberikan tips bagi pasangan calon pengantin yang sedang mempersiapkan pernikahan. Biasanya energi lebih banyak dihabiskan untuk menyiapkan acara pernikahan seperti gedung, dekorasi, catering, undangan dan hal-hal teknis yang mendukung kelancaran terlaksananya acara menjadi raja dan ratu sehari. Padahal, yang sebenarnya dimulai setelah acara resepsi pernikahan selesai.

Banyak pasangan suami-istri yang merasakan “kejutan-kejutan” yang membuat tidak nyaman di awal . Biasanya hal ini tidak pernah mereka bayangkan sebelumnya.

Yang ada dalam angan-angan mereka adalah manisnya kehidupan yang akan mereka jalani sehari-hari. Sementara, ada banyak potensi masalah yang muncul ketika dua pribadi yang berbeda hidup dalam satu rumah yang diikat dengan komitmen pernikahan.

Masalah klasik yang biasa muncul dalam biasanya seputar komunikasi, seks, keuangan, kesehatan dan anak.

Hal ini bisa muncul di kehidupan awal pernikahan dimana pasangan baru saja saling menyesuaikan diri, namun juga bisa muncul setelah beberapa tahun berjalan karena banyak perubahan yang terjadi.

Bila suami-istri tidak memiliki bekal cukup untuk mengatasi masalah-masalah tersebut, maka dapat menimbulkan masalah psikologis dari keluhan yang paling ringan hingga berat.

Kesiapan mental memasuki sebaiknya juga menjadi perhatian bagi pasangan calon pengantin.

Mengikuti sesi konseling pra nikah bersama Psikolog, menjadi salah satu cara yang dapat ditempuh.

Bersama Psikolog, pasangan calon pengantin akan berdiskusi tentang tema-tema penting dalam pernikahan, yang berpotensi memicu konflik.

Dengan mengikuti sesi konseling pra nikah, diharapkan pasangan calon pengantin lebih siap mental dalam menghadapi kehidupan.

Dengan demikian, pasangan suami-istri dapat menjadi satu tim yang solid dalam mengatasi masalah yang muncul, sehingga bahtera rumah tangga tetap dapat berlayar menuju visi yang sama.

Berikut adalah jadwal Psikolog Dra. Darjanti Kalpita Rahajuningrum, M.Psi di RS AZRA

  • Selasa dan Jumat 10.00 – 12.00 (Online)
  • Selasa dan Jumat 14.30 – 16.30.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here