Tuesday, 7 May 2024
HomeKabupaten BogorPerumda Pasar Tohaga Bantah Pedagang Pasar Cisarua Buang Sampah ke Sungai

Perumda Pasar Tohaga Bantah Pedagang Pasar Cisarua Buang Sampah ke Sungai

Bogordaily.net – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pasar Tohaga Kabupaten Bogor melalui Humasnya Defi Imanullah, membantah sampah-sampah yang berserakan di anak sungai Ciliwung yakni bersumber dari .

Menurutnya, yang menjadi tanggung jawab Bogor ini sudah difasilitasi tempat penampungan sampah sementara (TPS) dan juga bak-bak sampah di setiap selasar atau lorong.

Selain itu, pihaknya juga selalu memberikan edukasi kepada pedagang untuk tidak membuang sampah sembarangan atau ke kali.

“Jadi begini, sudah ada TPS dan juga bak-bak sampah. Jadi saya rasa pedagang membuang sampah ke tempat yang sudah kita sediakan, kemudian sampah-sampah yang ada di TPS diangkut oleh petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) ke Galuga,” kata Defi saat dikonfirmasi Bogordaily.net, Senin, 7 Maret 2022.

Lanjut Defi, perihal sampah itu sudah bekerja sama dengan DLH, sehingga sampah-sampah yang ada di selalu diangkut oleh petugas DLH sesuai jadwal yang sudah ditentukan.

Namun di samping itu, kata Defi, pihaknya dilema karena TPS yang ada sekarang itu aksesnya bisa dilalui warga, sehingga kemungkinan banyak warga juga yang membuang sampah ke TPS yang ada di pasar tersebut.

“Itu yang membuat kita dilema, dan juga menjadi PR kita bersama,” ucapnya.

Selain itu, Defi menegaskan, sampah-sampah yang berserakan di kali Cisarua bukanlah bersumber dari Pasar, karena ditemukan juga sampah-sampah rumah tangga seperti kasur dan lain sebagainya.

Di samping itu, aksi bersih-bersih yang dilakukan di kali Cisarua beberapa waktu lalu, pihaknya tidak mengetahui.

“Biasanya kalau ada aksi bersih-bersih sampah di kali Cisarua selalu sampai ke kami. Tapi yang kemarin itu tidak ada tembusan ke kami, jadi kami tidak tahu,” katanya.

Sebelumnya, Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Cisarua bersama Ormas dan aktivis lingkungan melakukan bebersih sampah di kali Cisarua pada Sabtu, 5 Maret 2022 lalu.

Dalam aksi tersebut, banyak ditemukan bangkai ayam dan sampah rumah tangga lainnya, seperti tempat tidur, pampers dan lain sebagainya.*

(Heri Supriatna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here