Friday, 29 March 2024
HomeNasionalPolisi NTB Turunkan Paksa Drone Liar di Sirkuit Balap Mandalika

Polisi NTB Turunkan Paksa Drone Liar di Sirkuit Balap Mandalika

Bogordaily.net – Tim Polisi Daerah (Polda) Nusa Tenggara Barat (NTB), terpaksa menurunkan 17 unit liar yang berterbangan disekitar . Hal ini dilakukan dalam patroli jelang pelaksanaan Gelaran .

Jelang digelarnya balapan 2022 di , tim Polda NTB menggelar operasi ketat, baik di darat, laut maupun udara.

Menurut Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda NTB, Komisaris Besar Polisi Artanto, kegiatan operasi adalah untuk memberikan rasa aman selama berjalannya kompetisi internasional tersebut.

Pada patroli udara dan kegiatan tim anti- Korbrimob di wilayah udara , tim mendeteksi 17 unit drone liar yang diterbangkan di sekitar sirkuit.

Hasilnya, Polda NTB berhasil melacak dan mengamankan sejumlah drone liar yang terbang di kawasan Sirkuit Mandalika, pada Jumat, 18 Maret 2022.

Drone-drone yang diterbangkan liar tersebut langsung ditindak dan diturunkan secara paksa dengan menggunakan jammer drone.

“Jenis drone yang diamankan tersebut di antaranya, DJI Mavic Pro, DJI Mavic Air, Mavic Spark dan DJI Lightbridge,” jelas Artanto.

Penindakan pertama dilakukan sekitar pukul 08.55 Wita dan pukul 09.22 Wita pada arah utara sirkuit. Kemudian, pukul 09.42 dan 10.10 Wita pada arah selatan. Pukul 10.46 dan pukul 11.10 Wita pada arah barat.

Selanjutnya, pukul 13.10 Wita pada arah barat laut, pukul 13.47 Wita di arah barat dan pukul 15.45 Wita pada arah timur serta pukul 16.05 Wita di arah barat.

“Terakhir sekitar pukul 16.27 Wita pada arah timur laut,” ujarnya.

Artanto menjelaskan, pada prinsipnya drone yang diterbangkan tanpa seizin penyelenggara tidak diperbolehkan terbang di kawasan .

Bila membandel, drone akan diturunkan secara paksa. Team Anti Drone Korps Brimob Polri BKO Polda NTB ditugaskan untuk memantau aktivitas udara di kawasan sirkuit.

Mereka akan bersiaga pada salah satu bukit yang ada di sekitar untuk mengintai drone ilegal menggunakan perlengkapan jammer-nya. Pada saat tes Pramusim lalu, Polda NTB juga mengamankan 21 drone liar. (SH)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here