Thursday, 2 May 2024
HomeBeritaProfil dan Kekayaan Ketua MK Anwar Usman yang Akan Persunting Adik Kandung...

Profil dan Kekayaan Ketua MK Anwar Usman yang Akan Persunting Adik Kandung Jokowi

Bogordaily.net – Adik kandung Presiden Joko Widodo, Idayati akan menikah dengan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman pada Mei mendatang. Kabar bahagia itu dibenarkan oleh Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

Kendati tak hadir saat acara lamaran, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming yang merupakan keponakan Idayati membenarkan kabar itu.

Resepsi pernikahan dan Idayati itu kabarnya akan digelar pada 26 Mei 2022 di Solo, dan dilanjutkan acara pada 28 Mei 2022 di Sumbawa. yang merupakan asal Anwar Usman.

Berdasarkan informasi, prosesi lamaran dan Adik Jokowi itu telah diterima keluarga yang diwakili Jokowi sebagai kakak laki-laki Idayati. Momen itu bertepatan saat Jokowi melakukan kunjungan kerja di Solopada Sabtu 12 Maret 2022 lalu.

Banyak yang penasaran siapa sosok Anwar Usman yang akan nikahi Adik Jokowi itu?

Profil Anwar Usman


Anwar Usman lahir 31 Desember 1956 dan banyak menghabiskan masa mudanya di Bima, NTB.

itu dibesarkan di Desa Rasabou, Bolo, NTB. Ia merupakan anak dari pasangan Usman A. Rahim dan St. Ramlah. Calon suami Adik Jokowi itu, kini berusia 66 tahun.

Sebelumnya, selama Anwar Usman menjadi mahasiswa, Anwar juga aktif dalam kegiatan teater di bawah asuhan sutradara ternama Ismail Soebarjo, dan tercatat sebagai anggota Sanggar Aksara.

Dilansir dari situs resmi MK, Anwar sempat berakting dalam sebuah film yang dibintangi Nungki Kusumastuti, Frans Tumbuan dan Rini S. Bono besutan Ismail Soebardjo pada 1980.

Dirinya lulus dari SDN 03 Sila, Bima pada 1969. Anwar meninggalkan desa dan orang tua untuk melanjutkan pendidikan ke Sekolah Pendidikan Guru Agama Negeri (PGAN) selama 6 tahun hingga 1975.

Kemudian, secara paralel Anwar memilih untuk melanjutkan pendidikan S1 ke perguruan tinggi di Fakultas Hukum Universitas Islam Jakarta pada 1984.

Anwar memperoleh gelar doktor Program Bidang Ilmu Studi Kebijakan Sekolah Pascasarjana di Universitas Gadjah Mada pada tahun 2010.

Di sela-sela kesibukannya sebagai hakim, Anwar sempat melanjutkan pendidikan di Sekolah Tinggi Ilmu Hukum IBLAM dan lulus pada 2001. Ia juga mengambil pendidikan doktoral di Universitas Gadjah Mada (UGM) dan menyandang gelar doktor ilmu hukum pada 2010.

Ia juga sempat menempuh perjalanan hidup yang panjang untuk bisa menjadi hakim di MK, dimana profesi tersebut sebenarnya tidak ia cita-citakan.

Sebelum menjadi hakim MK, Karir Anwar Usman dalam bidang konstitusi bisa dikatakan cukup panjang.

Ia tercatat pernah menjadi Asisten Hakim Agung di Mahkamah Agung (MA) dari 1997 – 2003. Menjabat sebagai Kepala Biro Kepegawaian MA dari 2003 – 2006.

Pada tahun 2005 Anwar Usman diangkat menjadi Hakim Pengadilan Tinggi Jakarta dengan tetap dipekerjakan sebagai Kepala Biro Kepegawaian. Kemudian pada 2006-2011 dirinya menjabat sebagai Kepala Badan Litbang Diklat Kumdil MA.

Anwar dilantik menjadi Hakim Konstitusi oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada 6 April 2011.

Sebelum menjadi Ketua MK, dirinya pernah menjadi Wakil Ketua MK periode pertama 2015-2016, Wakil Ketua MK periode kedua 2016-2018 hingga pada akhirnya menjabat sebagai Ketua MK sejak tahun 2018.

yang dimiliki Usman
Berdasarkan Laporan Harta Penyelenggara Negara (LKHPN) yang bisa diakses publik, calon adik ipar Presiden Jokowi itu tercatat pada 11 Februari 2020 mempunyai harta sebesar Rp 5 miliar selama periode 2019.

Harta Anwar Usman cukup fantastis dan terbilang meroket cukup pesat.

Pada 15 Maret 2021, Ketua MK tersebut memiliki mencapai Rp 26.457.816.968 selama periode 2020.

Adapun rincian Usman dari tanah dan bangunan memiliki setidaknya 31 bidang yang tersebar di sejumlah wilayah. Aset tidak bergerak itu berada di Kota Bima, Kota Bekasi dan Kota Tangerang Selatan. Nilainya pun mencapai Rp 5.114.000.000.

Selanjutnya, untuk transportasi Anwar Usman memiliki setidaknya mobil Toyota, sepetda motor jenis Honda, mobil Toyota Kijang; dan mobil Toyota Merk Corolla Altis.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here