Thursday, 23 May 2024
HomeBeritaProfil J.K. Rowling Kreator Harry Potter yang Sukses Mendunia

Profil J.K. Rowling Kreator Harry Potter yang Sukses Mendunia

Bogordaily.net – J.K. Rowling kreator , tak pernah putus asa dalam menulis sebuah buku cerita, salah satu yang membuatnya dikenal yakni buku . Namanya semakin tenar ketika buku tersebut diangkat ke layar lebar dengan banyak seri.

J.K. Rowling adalah penulis kelahiran 31 Juli 1965 yang melambung berkat karya fiksi berseri . Serial film ini berakhir di 2011 dengan judul “ dan Relikui Kematian-Bagian 2”. Kemunculan fantastis yang seakan menyihir dunia ini tidak terlepas dari penulis hebat yang menulis kisah Potter dalam buku.

Rowling mempunyai kisah yang perjuangan hidup yang sangat inspiratif yang patut untuk ditiru. dikenal sebagai penulis novel Harry Potter yang sangat terkenal di dunia. Novel hasil karyanya itu berhasil membuatnya menjadi salah satu wanita terkaya di dunia.

menjadi penulis Novel paling terkenal dan menjadi wanita terkaya di inggris dengan novel terlaris sepanjang sejarah hasil karangannya, namun perjuangannya itu amat berat dan terjal karena mengalami berbagai kesulitan sebelum mencapai hasil yang maksimal.

Ia lahir dengan nama lengkap Joanne Kathleen Rowling atau J.K. Rowling. Ia lahir di Yate, Inggris pada 31 Juli 1965. Melansir laman miliknya, Rowling berasal dari keluarga berpendidikan yang cukup dipandang.

Ayahnya, Peter Rowling, adalah seorang insinyur yang bekerja di pabrik pesawat Rolls Royce di Bristol. Sementara sang ibu, Anne Rowling, merupakan teknisi sains di departemen kimia sekolah Wyedean. Jo, sapaan akrab , harus kehilangan ibunya di usia 25 tahun.

Anne Rowling diketahui telah lama mengidap penyakit sklerosis ganda yang mengganggu saraf pada mata, tulang belakang, dan otaknya. Tumbuh di keluarga yang cinta ilmu, Jo memang akrab dengan buku.

Bersama orang tua dan adiknya, Rowling pindah rumah ke daerah Winterbourne. Ditempat itu ia mempunyai tetangga yang bernama Potter. Saat Rowling berusia 9 tahun, ia dan keluarganya pindah lagi ke Tutshill.

J.K. Rowling merupakan lulusan Bachelor of Arts di Universitas Exeter. Setelah itu JK Rowling kemudian pindah ke Portugal pada tahun 1990 untuk mengajar Bahasa Inggris.

Di sana ia menikah dengan Jorge Arantes yang bekerja sebagai seorang wartawan Portugis. Dari pernikahannya tersebut, ia mempunyai anak perempuan bernama Jessica Isabel Rowling Arantes yang dilahirkan pada tahun 1993. Namun setelah itu,  perkawinan pertamanya akhirnya berakhir dengan perceraian.

Dalam Biografi J.K. Rowling diketahui bahwa sejak perceraian dengan suaminya, JK Rowling menjadi ibu tunggal yang harus menghidupi anak-anaknya dalam kondisi serba kekurangan.

JK Rowling kemudian memutuskan pindah ke Edinburgh bersama dengan anaknya. Disini Rowling menghadapi masalah untuk menghidupi keluarganya.

Rowling mengirim cerita yang ia buat ke beberapa penerbit. Namun, seluruh penerbit menolaknya. Barulah, di penerbit ke 13, yang menerima naskahnya dan mulai memasarkannya. Rowling berhasil menjual buku Harry Potter dan Batu Bertuah untuk jumlah sebanyak $4000.

 

Kesuksesan buku pertamanya membuat Rowling bersemangat untuk melanjutkan seri ke-2 dari Harry Potter. Pada bulan Juli 1998 Harry Potter and The Chamber of Secret terbit di Inggris dan di bulan Juni 1999 terbit di Amerika.

Buku ke-2 juga sukses dipasaran yang kemudian berlanjut seri ke-3 yang berjudul Harry Potter and The Prisoner of Azkaban yang terbit pada bulan Juli dan September 1999 di Inggris dan Amerika. Pada musim panas tahun 2000 sekitar $480 juta dalam 3 tahun diraih Rowling dengan jumlah 35 juta copy buku yang dicetak dalam 35 bahasa.

Ketiga seri Harry Potter berhasil melambungkan nama di Inggris dan Amerika sekaligus menjadikan ke-3 buku tersebut menjadi best seller.

Seri ke-4 Harry Potter terbit pada bulan Juli 2000 dengan judul Harry Potter and The Goblet of Fire. Cetakan pertama berjumlah 5,3 juta copy terjual 1,8 juta. Berikutnya terbit seri ke-5 yang berjudul Harry Potter and The Order of The Phoenix pada bulan Juni 2003 dan seri ke-6 yang berjudul Harry Potter and The Half Blood Prince berjual 6,9 juta copy di Amerika dalam 24 jam saat penjualan hari pertamanya.

Harry Potter and the Sorcerer's Stone telah dibuat film yang mulai tayang pada 16 November 2001. Pada awal minggu pembukaannya di Amerika Serikat, telah memecahkan rekor dengan keuntungan sekitar 93,5 juta dolar Amerika Serikat (20 juta dolar lebih banyak dari pemegang rekor terdahulu yaitu film The Lost World : Jurassic Park (1999).

Sekuel film seri ini, Harry Potter and the Chamber of Secrets, mulai ditayangkan pada 15 November 2002 dan menjadi film ketiga untuk pembukaan ujung minggu terbaik dalam sejarah pecah panggung. Film ketiga, Harry Potter and the Prisoner of Azkaban telah mulai ditayangkan pada 4 Juni 2004.

Pada tanggal 26 Desember 2001 menikah lagi dengan seorang dokter anasthetis yang bernama Dr. Neil Murray dan tinggal di Scotland. Pada tahun 2003 anak ke-2 Rowling lahir dan diberi nama David. Pada tahun 2005 lahir anak ke-3 yang bernama Mackenzie.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here