Bupati Bogor Panen Ubi Bareng Petani

Menu

Mode Gelap
Piala Dunia 2022: Link Live Streaming Polandia vs Argentina Piala Dunia 2022: Ghana Sikut Korea Selatan 3-2 Merosot, Ini Harga Emas per Gram Hari Ini Lagi, Gempa Susulan Guncang Cianjur 21 Kali dalam Semalam Lokasi, Harga dan Syarat Perpanjang SIM di Kabupaten Bogor

Kabupaten Bogor · 31 Mar 2022 17:10 WIB

Program Ketahanan Pangan, Bupati Bogor Panen Ubi Bareng Petani


 Bupati Bogor Ade Yasin saat panen ubi bersama para petani di Desa Situ Daun, Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor.(Gibran/Bogordaily.net) Perbesar

Bupati Bogor Ade Yasin saat panen ubi bersama para petani di Desa Situ Daun, Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor.(Gibran/Bogordaily.net)

Bogordaily.net– Bupati Bogor Ade Yasin panen ubi bersama para petani di Desa Situ Daun, Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor.

Ade Yasin mengatakan, ketahanan pangan dialokasikan sebesar 20 persen, jadi harus ada guidance atau panduan dari pemerintah daerah (Pemda). Bahkan, banyak juga kepala desa yang bertanya 20 persen ketahanan pangan bentuknya seperti apa programnya.

“Ke depan saya tugaskan kepala Dinas Ketahanan Pangan untuk meng-guidance kepala desa  akan program ketahan pangan di wilayah. Salah satunya sektor pertanian, ” ujar Ade Yasin.

Menurut Ade Yasin, saat ini masih banyak para petani yang menjual hasil panen kepada para tengkulak.  Ketika dijual ke tengkulak, tentunya harga akan lebih murah. Untuk itu, kedepan Pemerintah Kabupaten Bogor akan berupaya untuk mendorong petani untuk bisa menjual hasil panen dengan harga yang sesuai.

“Diusahakan agar petani  tidak menjual hasil panen ke tengkulak, karena harganya jatuh. Mudah-mudahan mereka di-guidance oleh Dinas Pertanian dan Pemda,” jelasnya.

Lebih lanjut, kata Ade Yasin, ia juga akan memfasilitasi para petani dan mendorong dalam sektor peralatan tani maupun ketersedian pupuk.

“Saya kira ini harus difasilitasi oleh pemerintah termasuk bantuan  pupuk.  Setiap tahun mendapatkan bantuan pupuk terus alat-alat pertanian dan lain-lain. Saya kira ini bentuk kepedulian pemerintah kepada petani yaitu dengan bantuan pupuk,” tegasnya.

Sementara itu, salah satu petani ubi, Eman mengatakan dalam waktu empat bulan, panen ubi kali ini bisa menghasilkan 5 tonton ubi.

“Kita jual ubi ke tanah tinggi Jakarta. Tiap panen bisa menghasilkan lima ton ubi.  Alhamdulilah panen ubi tidak rugi, apalagi jelang Ramadan, Ubi banyak digunakan untuk menu berbuka puasa,” tukasnya di sela-sela Bupati Bogor panen ubi bersama petani. (Gibran)

 
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Pengurus Matlahul Anwar Kabupaten Bogor Resmi Dilantik

3 Desember 2022 - 15:46 WIB

Tragis, Mayat Laki-Laki Ditemukan Kaku Terlungkap di Ciseeng

3 Desember 2022 - 13:37 WIB

mayat ciseeng

Bersama Pemdes, Karang Taruna Desa Tegal Salurkan Bantuan Korban Gempa Cianjur

3 Desember 2022 - 09:58 WIB

korban gempa

Antre Bansos di Desa Sukajaya, Warga Berdesakan hingga Terjepit Pintu

3 Desember 2022 - 09:52 WIB

Anak di Bawah Umur Jadi Korban Keji Pelaku Pencabulan di Klapanunggal

3 Desember 2022 - 08:33 WIB

Pelaku pencabulan

Jangan Sampai Ditilang, Berikut Perpanjangan SIM Keliling di Kabupaten Bogor Hari Ini

3 Desember 2022 - 07:35 WIB

Perpanjangan SIM Keliling
Trending di Kabupaten Bogor