Thursday, 25 April 2024
HomeKabupaten BogorProgram Ketahanan Pangan, Bupati Bogor Panen Ubi Bareng Petani

Program Ketahanan Pangan, Bupati Bogor Panen Ubi Bareng Petani

Bogordaily.net– panen ubi bersama para petani di Desa Situ Daun, Kecamatan Tenjolaya, .

mengatakan, ketahanan pangan dialokasikan sebesar 20 persen, jadi harus ada guidance atau panduan dari pemerintah daerah (Pemda). Bahkan, banyak juga kepala desa yang bertanya 20 persen ketahanan pangan bentuknya seperti apa programnya.

“Ke depan saya tugaskan kepala Dinas Ketahanan Pangan untuk meng-guidance kepala desa  akan program ketahan pangan di wilayah. Salah satunya sektor pertanian, ” ujar .

Menurut , saat ini masih banyak para petani yang menjual hasil panen kepada para tengkulak.  Ketika dijual ke tengkulak, tentunya harga akan lebih murah. Untuk itu, kedepan Pemerintah akan berupaya untuk mendorong petani untuk bisa menjual hasil panen dengan harga yang sesuai.

“Diusahakan agar petani  tidak menjual hasil panen ke tengkulak, karena harganya jatuh. Mudah-mudahan mereka di-guidance oleh Dinas Pertanian dan Pemda,” jelasnya.

Lebih lanjut, kata , ia juga akan memfasilitasi para petani dan mendorong dalam sektor peralatan tani maupun ketersedian pupuk.

“Saya kira ini harus difasilitasi oleh pemerintah termasuk bantuan  pupuk.  Setiap tahun mendapatkan bantuan pupuk terus alat-alat pertanian dan lain-lain. Saya kira ini bentuk kepedulian pemerintah kepada petani yaitu dengan bantuan pupuk,” tegasnya.

Sementara itu, salah satu petani ubi, Eman mengatakan dalam waktu empat bulan, panen ubi kali ini bisa menghasilkan 5 tonton ubi.

“Kita jual ubi ke tanah tinggi Jakarta. Tiap panen bisa menghasilkan lima ton ubi.  Alhamdulilah panen ubi tidak rugi, apalagi jelang Ramadan, Ubi banyak digunakan untuk menu berbuka puasa,” tukasnya di sela-sela panen ubi bersama petani. (Gibran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here