Thursday, 25 April 2024
HomeEkonomiPT JAR Akan Bangun Perusahan Minyak Goreng di Kalimantan Selatan

PT JAR Akan Bangun Perusahan Minyak Goreng di Kalimantan Selatan

Bogordaily.net –  PT Jhonlin Agro Raya () membangun pabrik minyak goreng Sungai Dua, Kecamatan Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi (Kalsel). Keberadaan pabrik minyak goreng Kalsel ini nantinya diharapkan dapat membantu meningkatkan perekonomian dari hulu sampai hilir dalam agro industri sawit.

Direktur PT Zafrinal mengatakan, pabrik minyak goreng milik Haji Isam tersebut bakal memproduksi minyak goreng premium kemasan satu liter dan dua liter dengan harga terjangkau. Dia menyebut, pabrik yang dikerjakan PT Wijaya Karya Rekayasa Konstruksi memulai pembangunan pada 29 Juli 2021 dan ditargetkan rampung 29 Juli 2022.

“Pabrik minyak goreng ini merupakan fraksinasi dari pabrik refinery yang nantinya bakal mengolah 250 ton bahan baku per hari dan mampu menghasilkan 160 ton minyak goreng per hari,” ujar Zafrinal dalam siaran Jakarta, Sabtu, 5 Februari 2022.

Zafrinal menjelaskan, proyek pembangunan pabrik menyedot tenaga kerja hingga 250 orang warga sekitar. Nantinya setelah beroperasi, sambung dia, pabrik yang bersistem digital itu bakal menyerap 60 tenaga operasional.

“Jika pabrik beroperasi, tentu menciptakan lapangan kerja baru dan rencananya menyerap 80 persen tenaga kerja lokal,” ucapnya.

Menurut dia, keberadaan pabrik minyak goreng Kalsel, diharapkan dapat membantu meningkatkan perekonomian dari hulu sampai hilir dalam agro industri sawit. Hal itu mengingat pasar minyak goreng sangat potensial lantaran kebutuhan masyarakat setiap tahun terus meningkat.

“Target jangka panjang adalah pemenuhan kapasitas dan ekspansi kapasitas produksi, serta hilirisasi produk CPO dengan produk berkualitas. Harapannya bisa menghasilkan produk minyak goreng berkualitas yang terjangkau masyarakat,” ujar Zafrinal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here