Thursday, 25 April 2024
HomeKulinerPulung Nyepi, Cemilan Wajib Saat Perayan Hari Raya Nyepi di Bali

Pulung Nyepi, Cemilan Wajib Saat Perayan Hari Raya Nyepi di Bali

Bogordaily.net perayaan nyepi di , ada satu yang wajib ada di setiap perayaan. Untuk camilan yang satu ini, disebut Pulung Nyepi. Dengen resep yang sederhana, terdapat rasa yang lezat didalam nya.

Sehari sebelum nyepi, Pulung Nyepi wajib ada. Pasalnya, makanan ini merupakan salah satu sesaji dalam upacara.

Pulung Nyepi punya bentuk yang mirip dengan kolak biji salak tanpa kuah gula dan santan. Sajian makanan tradisional ini biasanya selalu ada jelang pengerupukan.

Sajian ini merupakan makanan khas Desa Sukasada. Kue ini terbuat dari tepung beras dan tepung kanji dan dikukus. Setelah matang, adonan ini dibentuk bulat dan sedikit lonjong. Setelah siap, adonan ini direbus.

Di Desa Sukasada, Kabupaten Buleleng, Pulung Nyepi merupakan makanan tradisi secara turun temurun dari leluhur. Disebut sebagai pulung nyepi karena diambil dari kehadiran camilan ini dihidangkan, yaitu pada Hari Pengerupukan atau sehari menjelang Hari Raya Nyepi.

Untuk menyantapnya, pulung Nyepi disajikan dengan tambahan parutan kelapa muda.

Disamping Pulung Nyepi, camilan lain juga wajib dihidangkan dalam hari suci umat Hindu di , antara lain jaja apem dan kue celorot.

Jaja apem dikenal juga sebagai kue apem lainnya. Sajian ini tak cuma ada Nyepi tapi juga di setiap upacara adat di .

Berbeda dengan jenis apem lainnya, apem ini tidak ditambahkan gula. Namun bukan berarti rasanya tak manis. Jaja apem ini disajikan dengan taburan kelapa parut dan gula merah cair.

Jaja merupakan bahasa setempat untuk menyebut kue, bahannya terbuat dari tepung beras. Sama seperti dua sebelumnya, kue celorot juga berbahan butiran beras yang dihaluskan.

Ketiga jajanan di atas, bisa Anda temukan tak ketika Nyepi. Di pasar-pasar tradisional di , banyak yang menjajakan camilan sederhana namun memiliki rasa istimewa.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here