Saturday, 27 April 2024
HomeBeritaPutra Mahkota Arab Saudi Telepon Putin, Tawarkan Jadi Mediator Rusia-Ukraina

Putra Mahkota Arab Saudi Telepon Putin, Tawarkan Jadi Mediator Rusia-Ukraina

Bogordaily.netDi tengah peperangan antara Rusia dan Ukraina yang masih berlangsung, , (MbS), menawarkan Riyadh menjadi tuan rumah pembicaraan mediasi antara Rusia dan Ukraina.

MbS sebagai pemimpin de facto Saudi menyerukan solusi politik antara kedua negara demi menghentikan perang.

“Putra Mahkota menjelaskan dukungan Kerajaan Saudi untuk upaya mengarah pada solusi politik yang mengarah pada akhir (perang) dan mencapai keamanan dan stabilitas, dan bahwa kerajaan siap melakukan upaya menengahi semua pihak,” kata pejabat kantor berita Saudi, SPA.

Tawaran tersebut diungkapkan MbS saat menghubungi Presiden Rusia . MbS juga menyampaikan niat Saudi untuk menjaga keseimbangan dan stabilitas pasar minyak dan menyoeoti perjanjian OPEC+.

Saudi dan sebagian besar negara Arab merupakan pengekspor minyak terbesar di dunia karena kedekatan dengan Moskow. Namun, negara-negara Arab tetap mendukung resolusi Majelis Umum PBB yang menuntut Rusia segera menarik pasukan dari Ukraina.

Saudi dan Rusia sama-sama anggota OPEC+. Kedua negara memiliki kepentingan untuk menjaga produksi minyak dunia tetap stabil meski harga melonjak imbas invasi di Ukraina. Harga minyak mentah Brent North Sea melonjak hingga menjadi US$120 per barel.

“Pangeran MbS menegaskan kembali keinginan kerajaan untuk menjaga keseimbangan dan stabilitas pasar minyak, menyoroti perjanjian OPEC+ dan pentingnya mempertahankan perjanjian ini,” demikian bunyi laporan SPA seperti dikutip CNN Indonesia dari AFP.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here