Wednesday, 24 April 2024
HomeEkonomiRaih Animo Tinggi di Berbagai Kota, Bogor Siap Jadi Target Pengembangan Talenta...

Raih Animo Tinggi di Berbagai Kota, Bogor Siap Jadi Target Pengembangan Talenta Wirausaha BSI

Bogordaily.net – PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) sukses menggelar Wirausaha BSI di empat kota yaitu Jakarta, Makassar, Malang dan Solo yang menyedot lebih dari 1.000 peserta.  Program yang ditujukan mencetak entrepreneur dan mendorong pelaku UMKM ‘naik kelas' itu pun dilanjutkan di Bogor sebagai lokasi ke-5 onboarding Wirausaha BSI.

RCEO BSI Region V Jakarta 2 Firman Jatnika mengatakan acara ini dilaksanakan sebagai wujud komitmen kuat BSI dalam mencetak lahirnya wirausahawan muda. Juga untuk mendorong pelaku UMKM di wilayah Jawa Barat dalam mengembangkan usaha dan lebih tangguh terhadap berbagai tantangan.

Menurutnya, acara serupa di empat kota lainnya telah menyedot antusiasme peserta untuk mengikuti program Wirausaha BSI. Oleh karena itu dia optimistis antusiasme yang sama dari para peserta akan terjadi di Kota Hujan untuk mengikuti acara ini.

“Dengan adanya program Wirausaha BSI, ‘Muda Bertalenta, Muda Berwirausaha”, BSI Wilayah Bogor siap menjadi mitra pendamping UMKM dan meningkatkan kualitas bisnis bagi para pengusaha muda. Kedepannya kami juga menjadi mitra pendanaan sehingga para pelaku UMKM mampu bersaing dengan usaha yang sudah mapan,” ujarnya memaparkan.

Wirausaha BSI merupakan program inkubator bagi para wirausahawan muda untuk membangun dan meningkatkan kapasitas usahanya (scale up). Sehingga para pelaku usaha mampu bertahan dan bersaing dengan beragam bisnis yang sudah mapan. Selain itu, dengan adanya program ini juga diharapkan mampu menumbuhkan semangat wirausaha muslimpreneur Indonesia.

Melalui program ini, harapannya akan diikuti 5.000 peserta yang siap bersaing dari 26 wilayah terpilih di Indonesia. Oleh karena itu, setelah Bogor kegiatan ini akan berlanjut di kota-kota selanjutnya.

Adapun di Bogor, acara ini dilaksanakan di Institut Pertanian Bogor atau IPB. Kampus bergengsi di Bogor itu dipilih karena menjadi salah satu universitas yang menjadi role model yang baik dalam mencetak generasi–generasi milenial unggul dari sisi akademik, dan mampu menciptakan entrepreneur muda melalui pengembangan kewirausahaan.

Firman menambahkan, hal ini sejalan dengan komitmen Bank Syariah Indonesia, bahwa peran bank syariah diharapkan dapat menjadi motor penggerak ekonomi nasional. Baik dari segmen korporasi, ritel maupun UMKM serta peningkatan literasi keuangan syariah untuk semua generasi.

“Generasi milenial menjadi segmen potensial yang memiliki peluang besar dalam menciptakan usaha–usaha kreatif. Di mana harapannya Wirausaha BSI ini mampu memfasilitasi bisnis para pengusaha muda, khususnya di Bogor, untuk terus tumbuh dan berkembang tentunya dengan prinsip usaha sesuai syariah,” lanjutnya menerangkan.

Sementara itu dalam sambutannya, Rektor IPB University Arif Satria menyampaikan di tengah era ketidakpastian yang dinamis, tentu hal ini menjadi tantangan bagi mahasiswa untuk terus berfikir kreatif dan memiliki jiwa entrepreneurship yang tinggi sehingga dapat mewujudkan kemandirian pelaku usaha yang tangguh. Salah satunya akan terwujud dengan dukungan berbagai pihak. Salah satunya melalui program Wirausaha yang digagas Bank Syariah Indonesia.

Kepala Dinas UMKM Kabupaten Bogor Asep Mulyana Sudrajat, S.H dalam sambutannya menyampaikan program ini sejalan dengan salah satu tekad pemerintah daerah kabupaten Bogor yakni Pancakarsa dalam hal kemajuan masyarakat, terutama dalam hal peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan UMKM.

Tahapan on boarding menjadi lanjutan program tersebut yang telah diresmikan Januari lalu. Program ini memiliki empat tahapan kegiatan utama yaitu onboarding, workshop (pelatihan dan pendampingan), awarding, dan partnership. Wirausaha BSI yang diluncurkan oleh BSI juga diharapkan dapat menciptakan Muslimpreneur di Indonesia.

Onboarding Wirausaha BSI 2022 untuk Wilayah Bogor digelar di IPB University. Acara ini juga dihadiri oleh RCEO BSI Region V Jakarta 2 Firman Jatnika, Rektor IPB University Arif Satria, Pimpinan BSI Cabang Bogor Pajajaran Sukasari Marita Kristianingrum, Komisaris Independen BSI M. Arief Rosyid Hasan serta berbagai ketua himpunan mahasiswa dan kepemudaan.

Tentang Wirausaha BSI

Talenta Wirausaha BSI diselenggarakan oleh Bank Syariah Indonesia dan program pelatihan dan kompetisi bagi wirausaha muda untuk meningkatkan kapasitas usaha. Program ini juga melibatkan banyak pihak, khususnya dari ekosistem ekonomi syariah.

Talenta Wirausaha BSI terbuka untuk seluruh warga negara Indonesia usia 18 – 35 tahun dan memiliki aspirasi untuk menjadi wirausahawan, atau sedang menjalankan usaha dan ingin meningkatkan kapasitas usahanya. Wirausahawan muda terbaik akan mendapatkan hadiah uang tunai total ratusan juta rupiah dan kesempatan untuk berjejaring hingga mendapatkan akses permodalan dari BSI.

Tahapan dan Timeline Talenta Wirausaha BSI

• 19 Januari – 6 April 2022: Penerimaan pendaftar dan Onboarding di kota – kota di seluruh Indonesia.
• April – Mei 2022: Workshop untuk pendaftar yang terpilih. Rangkaian Workshop yakni pelatihan pengembangan produk, pemasaran dan pembiayaan.
• Juni 2022: Awarding, acara puncak penjurian dan penganugerahan hadiah untuk wirausaha muda terbaik.

Informasi lebih lanjut mengenai Talenta Wirausaha BSI
Website: www.talentawirausahabsi.com
Instagram & Facebook Page: Talenta Wirausaha BSI.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here