Friday, 29 March 2024
HomeNasionalRatusan Jemaah Umrah Diberangkatkan Hari Ini Lewat Bandara Juanda

Ratusan Jemaah Umrah Diberangkatkan Hari Ini Lewat Bandara Juanda

Bogordaily.net Emil Elestianto Dardak secara simbolis memberangkatkan ratusan lewat , Surabaya, Senin, 14 Maret 2022.

Sebanyak 366 berangkat pukul 11.47 WIB, dengan pesawat Airbus A330 seri 300 dengan nomor penerbangan JT1100, maskapai Lion Air.

General Manager Bandar Udara Internasional Juanda Sisyani Jaffar menyampaikan, keberangkatan ini menggunakan penerbangan dengan rute langsung.

“Jadi, berangkat dengan rute langsung (direct flight) Surabaya (SUB)- (MED),” kata Sisyani.

Sisyani mengatakan direct flight ini merupakan hasil dari proses panjang yang diupayakan oleh Pemprov Jatim karena sebelumnya keberangkatan umrah dan haji mengikuti sistem one gate policy atau hanya berangkat dari satu pintu alias satu tempat.

“Memang sebelumnya berangkat dari Cengkareng (Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta Jakarta),” ujarnya.

Serangkaian persiapan telah dilakukan untuk pelaksanaan penerbangan , salah satunya kesiapan fasilitas bandara, seperti ruang tunggu keberangkatan penerbangan domestik.

Ruang tunggu difungsikan sebagai holding area yang mampu menampung 300 penumpang untuk mengantisipasi kepadatan.

“Kondisi saat ini, seluruh penerbangan domestik beroperasi di terminal satu sehingga ruang tunggu keberangkatan domestik terminal dua dapat digunakan sebagai holding area penerbangan umroh,” jelasnya.

Sisyani mengingatkan dokumen kesehatan yang harus disiapkan calon jemaah adalah sertifikat vaksin international certificate vaccination (ICV) Meningitis dan vaksin Covid-19.

Dokumen tersebut akan diperiksa di area validasi oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dengan pengaturan per kelompok 40 orang per agen travel.

“Kami mengimbau kepada penyelenggara perjalanan ibadah umrah atau agen travel memastikan agar para jemaah memenuhi persyaratan sesuai regulasi terkait pelaku perjalanan luar negeri (PPLN), termasuk memastikan setiap jemaah telah memiliki aplikasi Peduli Lindungi guna kenyamanan dan ketertiban bersama,” ujarnya.

Sisyani mengatakan, pihaknya bakal kembali melayani penerbangan umrah oleh maskapai Garuda, besok 15 Maret 2022.

“Menggunakan rute pernerbangan yang sama, yakni Surabaya (SUB)- (MED),” pungkas Sisyani.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here