Sunday, 28 April 2024
HomeKulinerRekomendasi Santapan Akhir Bulan yang Irit, Ala Anak Kos

Rekomendasi Santapan Akhir Bulan yang Irit, Ala Anak Kos

Bogordaily.net – Akhir bulan adalah masa-masa yang sulit dilalui oleh beberapa orang, tak terkecuali . Hidup jauh dari keluarga membuat anak kos harus pandai menghemat keuangan, terlebih jika waktu gajian masih lama atau kiriman uang terlambat datang.

Meski terlihat memprihatinkan, namun ada saja cara yang membuat tetap bisa bertahan hidup di tengah keterbatasan itu, salah satunya adalah dengan memasak. Kendati masakan tidak seenak dan senikmat buatan rumah, tapi cukup untuk membuat perut kenyang.

Lalu, apa saja menu di akhir bulan? Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Mie instan

Mie instan jadi pertama yang sering dikonsumsi anak kost ketika akhir bulan tiba.

Bagaimana tidak, hanya dengan merogoh Rp.3.000 kamu sudah bisa menikmati semangkuk mie yang nikmat sekaligus mengenyangkan.

Selain nikmat, cara penyajiannya yang sangat praktis membuat mie instan semakin digemari oleh anak kost.

2. Nasi goreng
Nasi goreng juga sangat lekat dengan anak kost di akhir bulan. Tapi, ketimbang membeli, lebih baik membuatnya sendiri di kosan.

Selain lebih hemat, nasi goreng yang dibuat sendiri tentu juga terjaga kebersihannya.

Cara membuatnya yang relatif mudah dan tidak memerlukan banyak bahan memang sangat sesuai untuk anak kosan. Itu sebabnya, nasi goreng jadi favorit anak kost ketika akhir bulan tiba.

3. Omelet mie
Menyajikan mie instan dengan cara biasa memang sudah cukup sering dilakukan oleh para anak kos, yaitu dengan membuatnya jadi omelet.

Ini merupakan menu variasi dari mie instan yang bisa anak kos buat. Cara membuatnya mudah, cukup rebus mie instan dengan air secukupnya. Setelah matang, angkat mie dan tiriskan hingga airnya habis. Kemudian, masukan telur, garam, dan lada bubuk ke mie tadi.

Aduk semua bahan tadi hingga merata. Setelah itu, panaskan wajan dan goreng omelet dengan api kecil. Goreng mie hingga matang, jangan lupa untuk membalik kedua sisinya agar matang sempurna.

4. Nasi telor
Nasi telor juga bisa menjadi penyelamatan anak kosan di penghujung bulan. Daripada membelinya di warung BURJO (bubur kacang ijo), lebih baik membuatnya sendiri di kost.

Cara membuatnya mudah, cukup goreng telur di wajan yang berisi minyak panas. Kemudian, masukan bumbu-bumbu pelengkap lain, seperti lada bubuk, bawang putih goreng, serta kecap manis ke atas telor tadi. Goreng beberapa saat dan angkat, sajikan telor di atas nasi hangat. Nasi telor ala BURJO pun siap untuk disantap.

5. Steak tempe

Solusi makan mewah untuk anak kost, salah satunya yakni tempa. Tempe memang murah, tapi tidak akan pernah jadi murahan kalau kamu bisa berkreasi saat memasaknya. Seperti membuat steak tempe.

Kukus tempe, tumbuk, dan uleni dengan beberapa bumbu. Bentuk sesuai selera, lalu goreng. Jadilag steak tempe mewah, hitung-hitung pengganti dari steak daging.

Itulah lima menu anak kost yang cocok untuk akhir bulan. Dengan membuat menu di atas, perut yang kelaparan di akhir bulan pun tetap bisa terselamatkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here