Saturday, 27 April 2024
HomeNasionalRizal Ramli, Preran Jokowi Dalam Menyikapi Rusia yang Turut Serta Dalam G20

Rizal Ramli, Preran Jokowi Dalam Menyikapi Rusia yang Turut Serta Dalam G20

Bogordaily.net –  Di era setelah Sukarno, Soeharto mampu memainkan peran penting Indonesia di ASEAN dan juga negara-negara OKI (Organisasi Kerjasama Islam).  Saat menjadi Menko Maritim dan Sumber Daya jejak diplomasi patriotik ala para pendiri bangsa ini juga diikuti oleh Rizal Ramli, tokoh nasional yang kini erat dengan sebutan Penyambung Suara Rakyat.

Kehadiran Soeharto di Sarajevo, Bosnia, di tengah konflik bersenjata melawan Serbia pada 1995 menjadi buah bibir yang dikenang banyak orang. Ia mampu menampilkan diri sebagai pemimpin dengan mayoritas penduduk Muslim terbesar dunia, dan di tengah penderitaan umat di sana ia menyumbang sebuah masjid yang membawa harum Indonesia.

Rizal Ramli dengan berani mengubah nama Laut China Selatan yang dipersengketakan secara sepihak oleh Tiongkok, menjadi Laut Natuna Utara. Upayanya ini tak lain untuk mengukuhkan kedaulatan teritorial NKRI bahwa wilayah tersebut merupakan milik Indonesia.

Kini, ditengah memansanya konflik Rusia-Ukraina, peran sebagai Presidensi forum yang didalamnya ada Rusia, China dan Amerika, semakin dipertanyaklan. Apakah   memiliki kapasitas untuk menjadi mediator dan juru damai.

Mampukah sebagai Presidensi memanfaatkan posisi Indonesia sebagai negara dengan mayoritas penduduk Muslim terbesar dunia, dan duduk di peringkat ke 3 sebagai negara demokrasi, dalam konflik Rusia-Ukraina ini?

Misalnya dengan mendepak Rusia dari G20? Sejalan dengan tekanan keras Presiden Amerika, Joe Biden, yang meminta supaya Rusia dikeluarkan dari G20.

Jika negara-negara G20 tidak setuju Rusia dikeluarkan, menurut Biden, maka Ukraina harus diizinkan menghadiri pertemuan G20 yang akan digelar di Bali, bulan November mendatang. Australia sendiri baru-baru ini ikut-ikutan pula mengecam. Sekutu Amerika ini menyatakan Indonesia tidak memiliki kejelasan sikap terhadap konflik yang terjadi di Ukraina.

Pertanyaan di judul tulisan ini penting diajukan untuk menguji apakah selama ini benar-benar merupakan antek China ataukah sebaliknya, yaitu condong kepada Amerika dan Barat. Mengingat eratnya aliansi China dengan Rusia selama ini. Serta citra rezim yang sedemikian mesra dengan Negeri Tirai Bambu itu.

Sanggupkah meniru kemampuan Presiden Perancis, Emmanuel Macron, meski Perancis berada di posisi NATO namun mampu menjalankan dialog dengan Putin?

Ternyata sejauh ini sikap rezim hari ini terhadap konflik Rusia-Ukraina bagaikan peribahasa Belanda, als een stem in de woestijn, seperti orang yang bersuara di gurun pasir. Sehingga cuma kedengaran di kuping sendiri.

Tidak nampak kemampuan diplomasi untuk menggunakan momentum konflik internasional ini buat menaikkan posisi Indonesia di mata dunia. Sehingga yang terlihat lagi-lagi bagaikan peribahasa Belanda, ialah sikap minderwaardig complexen, karena kurang bahan untuk berpikir outwardlooking.

Dengan kata lain tidak mampu menjalankan amanat konstitusi untuk memelihara ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

Menurut tokoh nasional Dr Rizal Ramli, kalau memiliki kapasitas sebagai mediator dan juru damai sebenarnya dapat menawarkan solusi supaya Ukraina mengambil posisi Non-Blok, sehingga Ukraina bisa menjadi titik temu antara Rusia-China beserta sekutunya dengan Amerika dan negara-negara Barat anggota NATO. Dampak dari mengambil posisi Non-Blok ini antara lain secara ekonomi Ukraina dapat diuntungkan.

Rizal Ramli sendiri menginginkan agar perang Rusia-Ukraina segera dihentikan demi alasan kemanusiaan. Karena baginya peperangan hanya menguntungkan bisnis senjata.*

(Gibran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here