Sunday, 12 May 2024
HomeBeritaRusia Mengganas, Uni Eropa Percepat Ukraina Jadi Calon Anggota

Rusia Mengganas, Uni Eropa Percepat Ukraina Jadi Calon Anggota

Bogordaily.net–Di tengah invasi Rusia yang kian mengganas, Ukraina mendesak proses keanggotaan di dipercepat. Parlemen pun mengadopsi resolusi yang menyerukan blok tersebut bekerja lebih cepat dalam memberikan Ukraina status calon anggota.

“Menyusul invasi Rusia ke Ukraina, anggota Parlemen Eropa menuntut penjatuhan sanksi yang lebih keras lagi terhadap Moskow dan mempercepat upaya baru untuk memberikan Ukraina status kandidat ,” demikian bunyi resolusi tersebut dilansir dari CNN Indonesia.

Resolusi itu menyerukan seluruh lembaga untuk mempercepat upaya pemberian status kandidat anggota kepada Ukraina.

“Prosedur semacam itu harus sejalan dengan Pasal 49 Perjanjian dan berdasarkan penilaian langsung masing-masing anggota,” tambah bunyi resolusi itu.

Parlemen mengatakan blok tersebut juga harus terus bekerja membantu Ukraina semakin terintegrasi dalam pasar mereka sesuai Perjanjian Kerja Sama dan Ukraina yang telah disepakati selama ini. Resolusi itu menyerukan penjatuhan sanksi yang lebih berat lagi terhadap Rusia.

Kabar pemberian status kandidat anggota ini muncul setelah Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mendesak segera menerima keanggotaan negaranya. Ia meminta bisa menerima keanggotaan Ukraina melalui jalur khusus menyusul gempuran militer Rusia.

“Tujuan kami adalah untuk bersama semua orang Eropa dan yang paling penting, untuk menjadi setara. Saya yakin itu adil. Saya yakin kami pantas mendapatkannya,” ujar Zelensky melalui video singkat di media sosial.

Ukraina saat ini memang belum menjadi keanggotaan . Meski begitu, Ukraina dan Uni Eropa telah menjajaki wacana keanggotaan sejak 2014. Negara pecahan Uni Soviet itu dinilai sebagai salah satu mitra penting Uni Eropa terutama dalam perdagangan.

Secara geografis, Ukraina berbatasan langsung dengan empat anggota UE, yaitu Polandia, Hungaria, Rumania, dan Slovakia.

Tak hanya itu Zelensky bahkan menuntut Uni Eropa membuktikan jika blok tersebut memang benar-benar membela negaranya dari invasi Rusia. Ia juga meminta bukti jika blok tersebut memang “berdiri bersama” Ukraina.

“Tanpa Anda semua (negara Uni Eropa), Ukraina sendirian. Kami telah membuktikan kemampuan kami. Kami telah membuktikan bahkan dalam hal sekecil apa pun kami itu sama dengan kalian. Jadi, coba buktikan jika Anda memang berdiri bersama kami, buktikan jika Anda tidak akan membiarkan kami pergi (sendirian),” kata Zelensky kepada parlemen Uni Eropa seperti dikutip CNN Indonesia dari AFP.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here