Friday, 29 March 2024
HomeBeritaSambut Ramadan, Beberapa Tradisi Ini Rutin Dilakukan Masyarakat Jawa Barat

Sambut Ramadan, Beberapa Tradisi Ini Rutin Dilakukan Masyarakat Jawa Barat

Bogordaily.net – Sebentar lagi dalam hitungan hari, umat Islam di Dunia khususnya Indonesia, akan memasuki bulan Ramadan. Dalam setiap daerah, saat menyambut Ramadan memiliki tradisi yang berdeda. Namun, tradisi tersebut kerap dilakukan hampir setiap tahunnya.

Salah satunya di wilayah , banyak tradisi-tradisi yang biasanya dilakukan mereka untuk menyambut datangnya Ramadan, seperti yang sebenarnya tidak saja di masyarakat , di banyak wilayah di Indonesia kegiatan ini juga banyak dilakukan, terutama di kalangan pesantren.

Berikut, beberapa kegiatan yang dilakukan saat menyambut bulan Ramadan.

1. Ngadulag
Ngadulag atau memukul bedug. Acara ini sering kali dilakukan oleh masyarakat , yang berada di wilayah Sukabumi.

Tradisi dirayakan dengan lomba seni menabuh beduk yang diikuti oleh mayoritas warga. Dalam lomba ngadulag, satu tim minimal terdiri dari tiga pemain, pertama orang yang berperan sebagai pemukul beduk, kemudian pemukul kohkol (kentungan), dan pemukul alat tambahan lainnya.

Para peserta akan berlomba menciptakan nada yang unik agar memanangkan lomba.

2.
Kegiatan lain yang juga sering dilakukan adalah . Sebenarnya kegiatan ini juga tak hanya dilakukan di , di daeeah-daerah lain di Indonesia juga sering melakukan kegiatan seperti ini.

Biasanya dilakukan oleh para santri dengan berpawai mengelilingi kampung sambil membawa obor. Biasanya kegiatan ini dilakukan setelah magrib atau Isya, dan biasanya mengenakan pakaian gamis warna putih.

Terkadang mereka berpawai sambil melantunkan pujian-pujian kepada Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW.

3.Bubur Suro
Kemudian ada upacara bubur suro. Masyarakat  akan menyiapkan bubur merah dan bubur putih yang disajikan secara terpisah lalu dibawa ke masjid. Di masjid, orang-orang lantas melakukan sejumlah tradisi untuk menyambut bulan Ramadan.

Dalam pelaksanaannya di sejumlah wilayah di , memiliki sedikit perbedaan.

4. Mabit di Mesjid
Menyambut datangnya Ramadan juga biasanya dilakukan dengan mabit (malam binta dan taqwa) di masjid-mesjid pada malamnya.

Kegiatan ini diisi dengan ceramah agama dan dilanjutkan dengan aktivitas pribadi. Artinya para peserta bisa menggunakan kesempatan ini untuk melakukan refleksi diri selama menginap di masjid.

Itulah tadi beberapa kegiatan yang dilakukan masyarakat , saat menyambut bulan Ramadan ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here