Monday, 29 April 2024
HomeNasionalSelama Pelaksanaan Hari Raya Nyepi, Bandara I Gusti Ngurahrai Ditutup

Selama Pelaksanaan Hari Raya Nyepi, Bandara I Gusti Ngurahrai Ditutup

Bogordaily.net – Bandara I Gusti Ngurahrai, akan , serta penerbangan menuju akan dihentikan sementara, selama pelaksanaan Hari Raya Nyepi yang jatuh pada, Kamis, 3 Maret 2022.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi, bahwa selain penutupan selama 24 jam, diperkirakan ada sebanyak kurang lebih 115 penerbangan dari dan menuju Bandara I Gusti Ngurah Rai akan dihentikan sementara.

“Pada Kamis, 3 Maret pukul 06.00 WITA hingga Jum'at, 4 Maret pukul 06.00 WITA, selama 24 jam Bandara I Gusti Ngurah Rai akan berhenti beroperasi sementara untuk menghormati pelaksanaan ibadah Hari Raya Nyepi,yang akan dilaksanakan oleh umat Hindu ,” kata Faik Fahmi, dikutip dari Antara, Rabu, 2 Maret 2022.

Diketahui berdasarkan data, terdapat sebanyak 58 penerbangan kedatangan dan 57 penerbangan keberangkatan akan berhenti beroperasi sementara selama 24 jam. Dari data tersebut, penerbangan dari maskapai Lion Air paling banyak terdampak akibat penutupan sementara selama Nyepi, yakni mencapai hingga 29 penerbangan.

Rinciannya, 15 penerbangan menuju dan 14 penerbangan berangkat dari .

Sementara itu, pada posisi kedua terdapat maskapai Citilink dengan 22 penerbangan. Sedangkan pada urutan ketiga ada Wings Air ada sebanyak 21 penerbangan.

Sebagai informasi, rute penerbangan terdampak paling banyak adalah penerbangan dari/ke Bandara Soekarno-Hatta, yaitu dengan 57 penerbangan, disusul penerbangan dari/ke Bandara Juanda di Surabaya dengan 16 penerbangan. Sedangkan Bandara Internasional Lombok berada di urutan ketiga dengan 9 penerbangan terdampak.

Faik Fahmi menambahkan, dengan penghentian operasional bandara ini didasarkan melalui diterbitkannya Notice to Airmen (NOTAMN) Nomor A0031/22.

“NOTAMN tersebut berisi pemberitahuan kepada maskapai dan bandara di seluruh dunia terkait penghentian sementara operasional penerbangan di Bandara I Gusti Ngurah Rai selama Hari Raya Nyepi,” ujar Faik.

Ia pun kembali menambahkan, Angkasa Pura I juga telah melakukan koordinasi dengan pemangku kepentingan terkait.

Tak hanya itu, pihak Angkasa Pura I juga telah menyiagakan personel di Bandara Ngurah Rai untuk mengantisipasi jika ada penerbangan yang bersifat darurat, seperti emergency landing dan medical evacuation.

Selain Bandara, diketahui pihak PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak usahanya yakni PT Jasamarga Tol (JBT) juga akan menutup jalal tol Mandara selama perayaan Hari Raya Nyepi.

Penutupan tersebut akan dilakukan mulai Rabu, 2 Maret 2022 pukul 23.00 WITA hingga Jumat, 4 Maret 2022 pukul 07.00 WITA.

“Operasional Jalan Tol Mandara akan sementara secara keseluruhan mulai hari Rabu, 2 Maret 2022 pukul, 23.00 WITA dan akan dibuka kembali pada hari Jumat, 4 Maret 2022, mulai pukul 07.00 WITA,” kata Direktur Utama JBT I Ketut Adi Putra Karang.***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here