Thursday, 16 May 2024
HomeTravellingSelusuri Keindahan Pantai Pok Tunggal Yogyakarta, The Hidden Paradise

Selusuri Keindahan Pantai Pok Tunggal Yogyakarta, The Hidden Paradise

Bogordaily.net – Yogyakarta terkenal akan wisata alamnya, salah satunya adalah . Pantai ini merupakan tempat wisata yang memiliki pemandangan alam sangat indah.

Ini yang membuat memiliki julukan sebagai The Hidden Paradise alias surga yang tersembunyi.

merupakan salah satu dari puluhan pantai indah yang berjejer di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai yang akhir-akhir ini tengah menjadi incaran bagi para wisatawan tersebut, memiliki pesona yang tak kalah dengan pantai lainnya di Gunung Kidul.

Sama seperti pantai-pantai yang berada di Kabupaten Gunung Kidul, Pok Tunggal juga dihiasi dengan pasir putih bersih yang terhampar luas disepanjang bibir pantai. Wisatawan dapat dengan leluasa bermain pasir, berjemur atau sekedar bersantai memandang birunya lautan luas.

Pantai tersebut seakan tersembunyi dibalik perbukitan karst, serta tebing-tebing karang yang tingginya mencapai 50 meter. Tebing-tebing karang yang mengelilingi pantai dipenuhi oleh tumbuhan hijau seakan menambah keindahan alam yang ada pantai ini.

Tebing-tebing tersebut seakan ditugaskan oleh Sang Pencipta untuk melindungi pantai yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia ini.

Pantai yang juga sering disebut sebagai Pantai Kuta-nya Jogja ini memiliki karakteristik air berwarna biru dan cukup jernih. Wisatawan diperbolehkan untuk melakukan aktivitas berenang di sekitar tepian pantai. Namun setiap pengunjung harus tetap waspada, karena pantai ini memiliki ombak yang cukup besar.

Bila kamu ingin menikmati keelokan dari sisi lain, kamu dapat berjalan ke atas perbukitan yang ada pada sisi kanan dan kiri pantai. Pada bukit sebelah barat telah dibangun jalan setapak oleh warga setempat sebagai akses wisatawan yang ingin menaiki bukit tersebut.

 

Di atas bukit terdapat pula gazebo yang dapat digunakan bersantai sembari menikmati keindahan pantai dari ketinggian.

Dari atas bukit, akan nampak kecantikan dari yang terasa semakin mempesona. Sejauh mata memandang, akan tersaji birunya lautan dipadukan dengan pasir putih bersih yang membentang disepanjang pantai.

Fasilitas

Fasilitas penunjang yang ada pada tempat wisata di pantai ini terbilang cukup memadai. Terlepas dari jalan menuju lokasi pantai yang masih belum diperlebar dan berliku-liku.

Terdapat tempat parkir yang cukup luas untuk kendaraan pribadi seperti mobil dan motor. Selain itu juga terdapat toilet umum bagi para wisatawan yang ingin berganti pakaian setelah bermain air atau berenang ditepi pantai.

Disediakan pula gazebo-gazebo kecil dengan payung berwarna-warni yang bertebaran di pinggir pantai. Terdapat pula gazebo yang dibangun di atas bukit.

Pada sekitar pantai juga terdapat warung-warung yang menjajakan berbagai macam jenis makanan. Setelah puas menjelajahi keindahan , kamu dapat berwisata kuliner dengan menyantap berbagai makanan lezat yang akan menggoyang lidah.

Camping


Kamu juga bisa mendirikan tenda dan bermalam di sepanjang . Telah disediakan jasa penyewaan tenda, apabila kamu tak ingin repot-repot membawa tenda dari rumah.

Menikmati keheningan malam dipadukan dengan suara deburan ombak bersama orang-orang terdekat, tentu merupakan sebuah pengalaman yang tak akan terlupakan.

Tak hanya itu, pantai ini juga merupakan salah satu spot untuk melihat sunset. Ketika hari menjelang senja dan matahari mulai tenggelam serta langit yang berubah warna menjadi orange, seolah seperti sebuah lukisan alam sempurna yang menciptakan suasana romantis.

Lokasi dan Rute

Pantai yang terletak diantara Pantai Indrayanti dan Pantai Siung tersebut secara administratif berada pada Desa Tepus, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, Yogyakarta. Dari pusat Kota Jogja, kamu harus menempuh jarak sekitar 70 kilometer atau sekitar 2 jam perjalanan.

Kemudian, saat bertemu pertigaan ambil arah kanan menuju ke Jalan Baron-Karangrejek-Mulo. Dari sana tinggal lurus saja menuju ke Polsek Tanjungsari. Lalu, ambil jalan lurus hingga pertigaan, belok kiri menuju ke Desa Tepus.

Dari sana, tinggal mengikuti petunjuk arah karena sudah ada banyak papan petunjuk menuju ke .

Harga Tiket Masuk
Berhubung di wisata pantai ini ada disediakan tempat untuk berkemah, maka jam bukanya selama 24 jam dari hari Senin-Minggu.

Jadi, Moms bisa datang kapan saja jika ingin berlibur ke sini. Tiket masuk sekitar Rp10.000 saja per orangnya. Tapi untuk biaya parkir kendaraan, Moms harus merogoh kocek Rp2.000 jika membawa sepeda motor dan Rp10.000 untuk mobil.

Bagi kamu yang menyukai pantai berpasir putih, menjadi salah satu alternatif tempat wisata yang ada di Jogja.***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here