Thursday, 2 May 2024
HomeBeritaSerem! Hujan Lebat di Ekuador Tewaskan 52 Orang

Serem! Hujan Lebat di Ekuador Tewaskan 52 Orang

Bogordaily.net– yang terjadi di menelan korban jiwa. Para pejabat pemerintah mengatakan, musim hujan yang luar biasa panjang, intens dan menghancurkan negara itu bahkan telah menewaskan 52 orang dan melukai lebih dari 100 lainnya.

Selain itu, dikutip Layanan Manajemen Risiko Nasional, AFP yang dilansir Suara.com dari VOA melaporkan, lebih dari 27.000 orang terdampak banjir, tanah longsor dan runtuhnya bangunan selama enam bulan terakhir.

Badan itu menyebutkan setiap satu dari 24 provinsi terkena dampaknya, kecuali Kepulauan Galapagos, yang terletak 1.000 kilometer di lepas pantai.

Curah hujan yang sangat tinggi dan berkepanjangan telah merusak atau menghancurkan lebih dari 5.400 hektar lahan pertanian, serta 6.240 rumah, sekolah atau klinik kesehatan.

Banjir dan tanah longsor pada 31 Januari lalu di Ibu Kota Quito, yang disebabkan oleh curah hujan paling deras dalam dua dekade, menyebabkan 28 orang tewas dan 52 lainnya luka-luka.

Para ilmuwan mengatakan perubahan iklim meningkatkan risiko di seluruh dunia karena atmosfer yang lebih hangat menampung lebih banyak air.

Sementara itu yang menelan banyak korban bukan kali pertama terjadi di . Pada Februari 2022 lalu 24 orang dilaporkan tewas dalam longsor di Ibu Kota , Quito. Selain itu, 12 orang dinyatakan hilang.

Hujan sangat deras menyebabkan banjir di ngarai yang berada di dekat permukiman pekerja di La Gasca dan La Comuna. Banjir itu membawa lumpur dan batu ke permukiman dan mempengaruhi aliran listrik. Badan penanganan Ekuador mengatakan 48 orang terluka dalam peristiwa itu.

“Kami melihat air sungai yang hitam pekat menyeret apa saja, kami harus memanjat dinding untuk menyelamatkan diri,” kata warga bernama Alba Cotacachi, yang mengungsikan dua putri kecilnya dari rumah mereka.

“Kami tengah mencari mereka yang hilang,” imbuhnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here