Setelah 17 Jam Perjalan, 83 WNI Dari Ukraina Tiba di Tanah Air

Menu

Mode Gelap
Hasil Piala Asia U-17, Timnas Indonesia Menang Tipis 3-2 Atas UEA Siap-siap Tampung Air, Pipa PDAM Sedang dalam Perbaikan Tidak Ditilang, Polisi Tegur Ratusan Pelanggar pada Hari Kedua Operasi Zebra Lodaya Update Terkini Perbaikan Pipa PDAM, Ini Wilayah yang Terdampak Buntut Tragedi Stadion Kanjuruhan, Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat Dicopot!

Nasional ยท 3 Mar 2022 23:12 WIB

Setelah 17 Jam Perjalan, 83 WNI Dari Ukraina Tiba di Tanah Air


 Penjemputan Dilakukan Bersama Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Lestari Priansari Marsudi di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. (liputan6/Bogordaily.net) Perbesar

Penjemputan Dilakukan Bersama Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Lestari Priansari Marsudi di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. (liputan6/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Sebanyak 83 Warga Negara Indonesia (WNI) dan Warga Negara Asing (WNA) yang dievakuasi dari Ukraina akhirnya tiba di Tanah Air pada Kamis, 3 Maret 2022, Sekitar pukul 17.12 WIB.

Wakil Menteri Pertahanan Letjen TNI Muhammad Herindra mewakili Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menerima kepulangan Warga Negara Indonesia (WNI) di tanah air, yang dievakuasi dari wilayah perang Ukraina.

Penjemputan itu dilakukan bersama Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Lestari Priansari Marsudi di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Wamenhan Herindra mengatakan bahwa dalam upaya evakuasi ini Kemenhan terus berkoordinasi dengan Kemenlu dalam mengambil langkah diplomasi pertahanan.

Salah satunya melalui komunikasi langsung via telepon dengan Menhan Rusia agar menjamin keselamatan WNI selama proses evakuasi.

“Menhan RI Pak Prabowo Subianto berupaya untuk selalu kontak dengan via Kementerian Pertahanan Rusia agar proses evakuasi yang dilaksanakan selama ini berjalan dengan aman sehingga warga negara Indonesia akan tetap terjamin keamanannya,” kata Herindra dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 3 Maret 2022.

Menlu Retno dalam kesempatan tersebut menjelaskan bahwa dalam proses evakuasi ini, tim penjemput dari Jakarta berangkat menuju Bucharest dari Bandara Soekarno-Hatta pada Selasa 2 Maret 2022 pukul 18.40 WIB dan tiba di Bandara Henri Coanda, Bucharest, 3 Maret 2022 pukul 15.10 waktu setempat.

Pesawat penjemput kembali diberangkatkan dari Bucharest menuju Jakarta pada pukul 20.23 waktu setempat atau 5,5 jam setelah mendarat. Rute perjalanan yang ditempuh adalah Bucharest – Madinah – Jakarta dengan waktu tempuh kurang lebih 17 jam.

Menlu Retno lebih lanjut menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Duta Besar RI di Bucharest, Warsawa, Kiev dan Moskow beserta seluruh tim yang telah bahu-membahu bekerja sama melakukan evakuasi yang sangat tidak mudah ini.

Adapun Menlu menyampaikan ucapan terima kasih kepada Menhan Prabowo, Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), dan tim penjemput yang terdiri dari Mabes TNI, BIN, Garuda Indonesia, serta instansi lainnya yang telah membantu kelancaran jalannya penjemputan.***

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

BMKG Umumkan Gempa Masih Terjadi di Tarutung, Tapanuli Utara

7 Oktober 2022 - 07:21 WIB

BMKG 45 titik panas

Berikut Nama-nama Korban Meninggal Dunia akibat Tembok MTsN 19 Pondok Labu Roboh

7 Oktober 2022 - 06:47 WIB

MTsN 19 Pondok Labu

Tembok MTSN 19 Roboh Gegara Banjir, 3 Siswa Meninggal Dunia

6 Oktober 2022 - 22:11 WIB

tembok MTSN 19 roboh

Tok! Ini 6 Tersangka Tragedi Kanjuruhan

6 Oktober 2022 - 21:01 WIB

Tersangka Tragedi Kanjuruhan

Situs Web JW.ORG Bantu Orang Tua Tangani Depresi Anak

6 Oktober 2022 - 16:34 WIB

depresi anak

Army Indonesia Donasi Ratusan Juta untuk Kanjuruhan

6 Oktober 2022 - 12:35 WIB

Trending di Nasional