Sunday, 5 May 2024
HomeEkonomiShopee Maju Bersama Menuju Ekonomi Digital yang Dinamis dan Inklusif

Shopee Maju Bersama Menuju Ekonomi Digital yang Dinamis dan Inklusif

Bogordaily.net merayakan pertumbuhan dan membagikan dampak positif yang dihadirkan oleh e-commerce dan layanan keuangan digitalnya kepada masyarakat di tahun 2021.

Asia Tenggara terus mengalami percepatan perkembangan teknologi, hal itu terlihat dari penambahan 40 juta pengguna digital baru pada tahun 2021. Seiring dengan pertumbuhan tersebut, memperkuat inklusi digital dengan memberdayakan lebih banyak orang dan bisnis untuk mendapatkan peluang secara online.

Pada tahun 2021, semakin banyak pihak yang dapat mengakses dan memanfaatkan secara regional, 1 dari 6 pesanan Shopee dibuat oleh pengguna baru, sementara jumlah penjual di luar kota besar tumbuh 70% dibandingkan tahun 2020. Shopee juga memberikan lebih banyak hiburan dan kenyamanan bagi pembeli, serta mengembangkan talenta untuk maju di tengah pesatnya pertumbuhan .

Direktur Eksekutif Shopee Indonesia Christin Djuarto mengatakan pada 2021, Shopee tetap setia pada misi memberi manfaat bagi komunitas lokal melalui teknologi, terutama bagi pengguna yang kurang terlayani.

“Semakin banyaknya masyarakat dan bisnis yang beralih ke online, kami terus berinovasi dan melayani kebutuhan mereka dengan lebih baik, serta beradaptasi dengan cara baru dalam menjalankan kehidupan, bekerja, dan berbelanja,” ujar Christin Djuarto dalam keterangan yang diterima Bogordaily.net.

Tak hanya itu pihaknya juga merealisasikan komitmen untuk terus dapat diandalkan dalam setiap momentum kehidupan pengguna, Shopee menghadirkan kampanye 4.4 Sambut Ramadan Sale sebagai upaya kami dalam menemani pengguna dalam persiapan menyambut bulan suci Ramadan.

“Inilah cara kami untuk menjadi perpanjangan tangan untuk mencapai peluang baru dan menciptakan nilai bagi komunitas kami. Mari bekerja bersama menuju yang lebih dinamis dan inklusif,” jelasnya.

Sementara itu Shopee juga menciptakan dampak secara regional di antaranya:

Mendorong Inklusi dan Pertumbuhan

Pada tahun 2021, semakin banyak masyarakat dan bisnis lokal yang mampu mengakses dan memanfaatkan bersama Shopee.

Shopee juga melanjutkan untuk menciptakan pembelian dan penjualan online lebih mudah untuk semua kalangan. Sepanjang tahun, Shopee memperkenalkan kampanye lokal yang disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan pembeli yang terus berkembang, memperluas jaringan pengirimannya sehingga pengguna dapat berbelanja, dan menerima pembelian dengan baik. Bahkan, di lebih banyak daerah pedesaan.

Tak hanya itu Shopee pun meningkatkan jangkauannya untuk membantu lebih banyak UMKM menjadi digital, terutama produsen dan petani lokal di jantung lokal, meliputi:

Pertumbuhan 70% dari tahun ke tahun jumlah penjual Shopee di luar kota-kota besar. 

1 dari 6 pesanan di tahun 2021 dilakukan oleh pengguna baru di Shopee, sementara jumlah pengguna Shopee di luar kota besar tumbuh 40%.

Jumlah pengguna ShopeePay di luar kota besar meningkat 2,5 kali lipat. Semakin banyak masyarakat yang menikmati kemudahan pembayaran digital. Tidak hanya itu, ShopeePay menghubungkan merchant online dan offline dengan pelanggan baru.

Memperkuat pertumbuhan brand: Shopee Mall terus memperkuat strategi untuk para mitra brand, juga menjadi pionir dalam menghadirkan solusi dan cara inovatif dalam mendukung pertumbuhan yang berkelanjutan. Mitra brand melihat pertumbuhan yang kuat dan berhasil meraih pencapaian baru, 42 juta pengguna melakukan pembelian pertama mereka di Shopee Mall pada tahun 2021.

Menghadirkan Kebahagiaan untuk Pembeli

Shopee terus berinovasi dan melayani penggunanya lebih baik pada tahun 2021. Semakin banyak masyarakat yang mengandalkan e-commerce, Shopee bekerjasama lebih dekat dengan para penjual dan mitra brand untuk menyenangkan pengguna dan memberikan pengalaman belanja online terbaik bagi seluruh pihak.

Ciptakan lebih banyak senyuman: Dengan berkembangnya komunitas penjual dan mitra brand, Shopee terus memperluas pilihan produknya untuk memenuhi kebutuhan pengguna dengan aman dan nyaman. Didukung oleh ekosistem terintegrasi, tercatat 60% peningkatan pengguna yang memberikan ulasan produk bintang 5 pada tahun 2021 dibandingkan dengan 2020.

Menghadirkan hiburan dan kemeriahan: Fitur pada aplikasi Shopee terus menghibur pengguna dan menciptakan kebersamaan. Sebanyak 400 juta jam dihabiskan di Shopee LIVE, sementara in-app games dimainkan lebih dari 40 miliar kali.

Komitmen Shopee Untuk Indonesia

Shopee berkomitmen untuk berkontribusi pada kemajuan Indonesia melalui berbagai inisiatif strategis dengan pemerintah pusat dan daerah. Sejak tahun 2021 fokus untuk mengembangkan keterampilan digital masyarakat dan UMKM Indonesia, seperti:

Kurikulum Bisnis : Sebanyak 26 ribu siswa SMK di Jawa Barat belajar bisnis menggunakan kurikulum guna bisa bersaing dan diserap industri kekinian. Siswa yang menjadi target pelatihan tersebar di  27 kabupaten/kota dan telah mulai dilatih pada Januari 2022. Kurikulum dikembangkan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat bersama Shopee.

Kampus UMKM Shopee Ekspor dan Kampus UMKM Shopee: Telah hadir di Solo, Bandung, Semarang, Jakarta, Jogjakarta, Medan dan Samarinda, bangunan fisik ini menawarkan pendampingan dari hulu ke hilir mulai dari edukasi, pemasaran, penyediaan sistem inventori dan pengiriman, hingga pelatihan intensif yang akan diberikan oleh trainer Shopee terdedikasi secara gratis. Tujuannya, membuat UMKM bisa belajar keterampilan digital dengan mudah dan cepat agar bisa naik kelas.

Selain itu, salah satu komitmen Shopee adalah melayani masyarakat yang belum terlayani dengan baik melalui teknologi yang dihadirkan. Shopee juga menghadirkan berbagai program yang bertujuan untuk memberikan akses yang lebih baik bagi masyarakat di berbagai daerah di Indonesia, termasuk:

Akses Air Bersih di Bali dan NTT: Bekerja sama dengan TNI dari Komando Daerah Militer (Kodam) IX Udayana untuk menyediakan akses ke air bersih bagi 3.500 rumah tangga di Bali dan Nusa Tenggara Timur. Pembangunan pompa air ini diharapkan dapat mengatasi permasalahan krisis air bersih demi terciptanya kehidupan yang lebih baik di kedua provinsi tersebut.

Membantu Jawa Barat Perluas Vaksinasi: Memberikan bantuan bagi Pemerintah Provinsi Jawa Barat 100 unit kendaraan vaksinasi COVID-19. Mobil vaksin tersebut akan dipakai Dinas Kesehatan Jabar untuk mempercepat target 37 juta warga Jabar divaksin hingga akhir Desember 2022. Mobil vaksinasi keliling akan menjangkau warga tinggal di daerah terpencil atau sulit akses.

Menghadirkan Shopee Solo Creative and Innovation Hub: berlokasi di Solo Technopark, fasilitas ini menjadi wadah bagi komunitas di Kota Surakarta dan sekitarnya untuk bahu-membahu menemukan solusi agar mampu beradaptasi hingga menjadi wadah penciptaan generasi pelaku usaha muda dalam mengembangkan usahanya.

Salah satu misi Shopee adalah membawa produk buatan UMKM lokal masuk ke panggung dunia. Melalui Program Ekspor Shopee telah membantu lebih dari 180.000 UMKM lokal bisa mengekspor produk ke berbagai negara di Asia Tenggara dan Amerika Latin. Busana muslim dan produk fesyen menjadi 2 barang yang paling dicari oleh pembeli dari berbagai negara.

Penuhi Kebutuhan Masyarakat di Setiap Momentum

Shopee terus berkomitmen untuk menemani setiap momentum kehidupan pengguna dan memenuhi berbagai kebutuhan di setiap harinya. Di tahun 2022 ini, Shopee kembali menghadirkan rangkaian kampanye dan inovasi terbaru dengan berbagai penawaran dan hiburan menarik.

Menyambut bulan suci Ramadan, Shopee menghadirkan kampanye 4.4 Sambut Ramadan Sale yang berlangsung dari 19 Maret hingga 4 April 2022. Pengguna akan dimanjakan dengan berbagai promo tematik setiap harinya dan penawaran menarik, antara lain:

Flash Sale Sembako Rp1: Pengguna berkesempatan menikmati Flash Sale seharga Rp1 untuk berbagai produk sembako, seperti beras, tepung terigu, sirup, dan gula untuk memenuhi kebutuhan bahan makanan saat berpuasa.

Setiap Hari Cashback: Pengguna bisa mendapatkan voucher cashback sampai dengan Rp300 ribu melalui Voucher Kaget di aplikasi Shopee setiap hari. Selain itu, nikmati juga voucher cashback harian dan mingguan lainnya yg ada di kampanye 4.4 Sambut Ramadan Sale.

Gratis Ongkir Xtra: Nikmati layanan gratis ongkir Xtra setiap belanja sepanjang kampanye berlangsung.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Shopee 4.4 Sambut Ramadan Sale, kunjungi  https://shopee.co.id/4-4-sambut-ramadan-peakday.

Unduh aplikasi Shopee secara gratis di Apps Store atau Google Play Store.(Muhammad Irfan Ramadan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here