Tuesday, 14 May 2024
HomeKota BogorSIMOTIP Jadi Solusi Layanan Tirta Pakuan Saat Ini dan Masa yang Akan...

SIMOTIP Jadi Solusi Layanan Tirta Pakuan Saat Ini dan Masa yang Akan Datang

Bogordaily.net – Jadi solusi layanan Tirta Pakuan Kota Bogor, aplikasi Sistem Informasi Mobile Tirta Pakuan () terus gencar disosialisasikan ke­pada para pelanggan di ting­kat RT/RW se-Kota Bogor.

Direktur Utama Perumda Tirta Pakuan, Rino Indira, ikut turun langsung menyo­sialisasikan penggunaan kepada para pe­langgan, termasuk dalam kegiatan Temu Pelanggan. Sebab, hadirnya aplikasi ini bisa langsung diterima pe­langgan dan dipergunakan sebaik-baiknya.

Rino mengatakan, menjadi solusi pelayanan kepada pelanggan di era di­gital. Pelanggan bisa meny­ampaikan keluhan, cek tagi­han hingga lapor meter man­diri dari rumah.

“Kalau ingin tahu jumlah tagihan air bulan ini berapa, tidak perlu tanya sana-sini. Pelanggan tinggal cek di , tertera kok dan mudah sekali,” kata , Rabu, 9 Maret 2022.

Begitu pula untuk pemba­caan meter air. Pelanggan bisa melaporkan angka stand meter sendiri, sehingga me­mudahkan petugas Pembaca Meter Tirta Pakuan dalam mengkalkulasikan angka.

“Mungkin ada ibu-ibu heran, kok tagihan melonjak dari biasanya. Setelah dicek di sistem, ternyata meter airnya tidak bisa dicatat petugas ka­rena rumah terkunci. Nah, lapor stand meter mandiri melalui adalah so­lusinya. Tinggal foto angka stand meternya, masukan nomor pelanggan. Kirim. Se­lesai,” jelasnya.

Menurutnya, dunia digital sudah masuk ke seluruh sendi-sendi kehidupan. Se­jalan dengan itu, Perumda Tirta Pakuan terus berino­vasi meningkatkan pelayanan air bersih dengan penggu­naan teknologi informasi yang terus berkembang pesat.

Ke depan, sambung dia, sistem layanan tatap muka secara bertahap akan berku­rang dan bertransformasi menjadi layanan digital.

“Ke depan mungkin tidak ada lagi sistem pelayanan tatap muka seperti saat ini. Orang tidak perlu lagi bayar air di loket atau ATM. Kalau mau bayar air atau lapor air mati, orang-orang tinggal rebahan di rumah, buka smartphone, kirim pakai , selesai. Jadi, adalah solusi layanan Tirta Pakuan saat ini dan masa yang akan datang,” tukasnya.*

(Ibnu Galansa Montazery)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here