Sinopharm Resmi Jadi Vaksin Booster, Kenali Efek Sampingnya

Menu

Mode Gelap
Harga Emas Pegadaian Turun, Rabu 28 September 2022 Jangan Telat Perpanjang SIM! Ini Lokasi Simling Kota Bogor, Rabu 28 September 2022 Terkini! Ini Ramalan Kota Bogor Hari Ini, Rabu 28 September 2022 Masih Sama, Berikut Harga Emas Pegadaian Hari Ini Selasa, 27 September 2022 Terbaru! Ini Lokasi Perpanjang SIM di Kota Bogor, Selasa 27 September 2022

Kesehatan · 1 Mar 2022 09:52 WIB

Sinopharm Resmi Jadi Vaksin Booster, Kenali Efek Sampingnya


 Ilustrasi vaksin. (Startupnews/Bogordaily.net) Perbesar

Ilustrasi vaksin. (Startupnews/Bogordaily.net)

Bogordaily.net–Sinopharm resmi masuk daftar regimen vaksin booster yang ditetapkan Kementerian Kesehatan. Total saat ini ada enam jenis regimen vaksin booster yang digunakan di Indonesia yakni Sinovac, AstraZeneca, Pfizer, Moderna, Janssen (J&J) dan Sinopharm.

Merujuk siaran pers Kemenkes yang dilansir dari Kontan.co.id, pemberian dosis vaksin booster dilakukan melalui dua mekanisme antara lain Homolog, yaitu pemberian dosis booster dengan menggunakan jenis vaksin yang sama dengan vaksin primer dosis lengkap yang telah didapat sebelumnya. Sementara Heterolog, yaitu pemberian dosis booster dengan menggunakan jenis vaksin yang berbeda dengan vaksin primer dosis lengkap yang telah didapat sebelumnya.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah memberikan izin penggunaan darurat atau emergency use of authorization (EUA) sebagai vaksin dosis lanjutan atau booster bagi vaksin Sinopharm pada 2 Februari 2022.

Kepala BPOM Penny K. Lukito mengatakan, sesuai persyaratan penggunaan darurat, BPOM telah melakukan evaluasi terhadap aspek khasiat dan keamanan mengacu pada standar evaluasi vaksin Covid-19 untuk vaksin Sinopharm sebagai dosis booster homolog untuk dewasa 18 tahun ke atas.

Vaksin Covid-19 booster Sinopharm telah didaftarkan PT Kimia Farma untuk penggunaan booster homolog pada usia dewasa 18 tahun atau lebih yang telah mendapatkan dosis primer lengkap sekurang-kurangnya enam bulan.

Berdasarkan aspek keamanan, efek samping penggunaan vaksin Covid-19 booster Sinopharm sebagai booster umumnya dapat ditoleransi dengan baik. Efek samping tersebut yakni nyeri di tempat suntikan, pembengkakan dan kemerahan, sakit kepala, kelelahan, nyeri otot.***

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

Yuk, Rutin Konsumsi Biji-bijian, Bisa Kurangi Risiko Penyakit Jantung

28 September 2022 - 23:52 WIB

Murah Meriah! Kenalin Nih Batu Tawas Penghilang Bau Ketiak

28 September 2022 - 19:24 WIB

batu tawas bau ketiak

Nih Kata Pakar soal Kecanduan Seks, Kamu Termasuk?

28 September 2022 - 18:45 WIB

Dear Mahasiswa, Waspada 4 Gangguan Mental yang Rentan Dialami di Semester Akhir

28 September 2022 - 18:37 WIB

Selain Medis, Ini 7 Pilihan Obat Flu Alami

28 September 2022 - 18:16 WIB

Perhatikan Yuk, Ini Waktu Ideal untuk Berhubungan Seks

27 September 2022 - 20:48 WIB

Waktu ideal berhubungan seks
Trending di Kesehatan