Sunday, 28 April 2024
HomeKabupaten BogorSukaharja Bersholawat, Kades Rahmat Minta Warganya Maknai Isra Miraj Secara Utuh

Sukaharja Bersholawat, Kades Rahmat Minta Warganya Maknai Isra Miraj Secara Utuh

Bogordaily.net – Lantunan dan takbir terdengar jelas saat warga Kampung Babakan Cibinong, Desa , Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor memperingati Isra Miraj .

Kepala Desa , Rahmat Jebeng mengatakan, peringatan Isra Miraj itu sudah menjadi keharusan bagi umat islam untuk memperingatinya, sebab melalui peringatan ini memiliki makna yaitu untuk mengingatkan kembali suatu peristiwa yang dialami Nabi Muhammad SAW tentang shalat lima waktu.

“Seperti kita ketahui bersama, dalam peristiwa ini Nabi Muhammad SAW mendapat tugas dari Allah SWT untuk melakukan perjalanan dari Mekkah ke Madinah menggunakan kendaraan buraq, yang kemudian ke Sidratulmuntaha untuk bertemu Allah SWT tentang solat,” kata Rahmat kepada Bogordaily.net, Minggu malam, 27 Maret 2022.

Menurut Rahmat, makna dari peristiwa tersebut diartikan bagaimana Rasulullah SAW sangat mencintai umatnya, dimana beliau memperjuangkan shalat untuk umatnya dari 45 waktu dalam sehari menjadi 5 waktu, yaitu Subuh, Zuhur, Ashar, Magrib dan Isya.

“Jadi, kita sebagai umatnya harus betul-betul taat terhadap perintah Allah SWT yang sudah diperjuangkan oleh Rasulullah SAW. Untuk itu, saya meminta dan mengajak kepada masyarakat untuk lebih meningkatkan ibadah kita kepada Allah SWT,” ucapnya.

Apalagi, lanjut Rahmat, di Ciomas ini merupakan wilayah yang agamis dan memiliki banyak pondok pesantren yang tentunya menjadi corong dalam kehidupan sehari-hari.

“Jangan sampai dengan majunya teknologi, kita menjadi lalai terhadap perintah agama. Justru dengan majunya teknologi kita harus memanfaatkannya dengan hal-hal positif, terlebih dalam meningkatkan ibadah kita,” katanya.

Setelah kegiatan ini, kata Rahmat, pihaknya juga berencana akan melaksanakan atau memberikan paket sembako kepada warga yang sangat membutuhkan, terutama kepada janda-janda lanjut usia.

“InsyaAllah, nanti hari Jum'at mendatang atau sebelum puasa kami akan memberikan paket sembako kepada 300 janda-janda yang sudah lanjut usia. Mudah-mudahan kegiatannya dapat berjalan dengan baik dan lancar,” tutup Rahmat.

Peringatan Hari Besar Islam (PHBS) ini pun dihadiri unsur Muspides (Musyawarah Pimpinan Desa) , seperti Kapala Desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas hingga pengurus RT dan RW setempat.*

(Heri Supriatna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here