Sunday, 28 April 2024
HomeKabupaten BogorTagar Motekar dan Karang Taruna Ciburayut Sosialisasikan PKBM

Tagar Motekar dan Karang Taruna Ciburayut Sosialisasikan PKBM

Bogordaily.net – Komunitas dan Desa , Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor bersama Yayasan Ibnu Rusy gencar melakukan sosialisasi sekaligus melakukan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat () di Desa .

Ketua Desa , Mulyadi mengatakan, PKBM yang diberikan ini agar warga mendapatkan pendidikan yang layak dan bermanfaat untuk kedepannya. “Peserta yang ikut PKBM ini para generasi muda dengan usia remaja maksimal 20 tahun,” kata Mulyadi, Senin, 7 Maret 2022.

Lanjut Mulyadi, peserta yang mendaftarkan diri di kelas jauh untuk PKBM Ibnu Rusy ini jumlahnya sekitar 121 orang, diantaranya 10 orang paket A, 70 orang ikut paket B dan Paket C sebanyak 41 orang.

“Sisanya 10 orang lagi belum mendaftar, karena masih tahap pendekatan secara persuasif. Mereka belajar seminggu satu kali di hari minggu pagi,” ujarnya.

Selain itu, Ia pun menyampaikan sebagai organisasi sosial kepemudaan, wadah pembinaan, pengembangan serta pemberdayaan masyarakat, dirinya ingin berperan aktif dalam pendayagunaan semua potensi yang tersedia. “Termasuk di bidang pendidikan dan ikut serta mencerdaskan anak bangsa tanpa memandang latar belakang,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Komunitas , Belgi Al Huda menjelaskan, sosialisasi PKBM ini dalam upaya mendukung program Pancakarsa yang digagas Bupati Bogor.

Selain itu, program di bidang pendidikan ini juga selaras dengan program Pemerintah Pusat melalui Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) yang gencar menggalakkan program wajib belajar 12 tahun.

“Program ini mewajibkan setiap warga negara Indonesia untuk bersekolah selama 12 tahun, pada pendidikan dasar dan menengah, Yaitu dari tingkat kelas 1 Sekolah Dasar (SD) atau Madrasah Ibtidaiyah (MI), hingga kelas 12 Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Madrasah Aliyah (MA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) atau Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK),” jelasnya.

Di tempat yang sama, Ketua Yayasan Ibnu Rusy, Tb. Akhmad Khoerul Bina berharap, dengan keikutsertaan dan antusias warga Desa dalam menjalani pendidikan di PKBM Ibnu Rusy ini dapat meningkatkan taraf hidupnya di kemudian hari. Menurutnya, pendidikan merupakan unsur penting yang sangat menentukan masa depan sebuah bangsa.

“Semakin banyak manusia berkualitas yang dimiliki suatu bangsa, maka semakin tinggi peradaban dan kesejahteraan bangsa tersebut,” ucapnya.

(Heri Supriatna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here