Thursday, 16 May 2024
HomeBeritaTak Kalah Penting, Ini Pengganti Susu Sapi yang Tinggi Protein dan Omega...

Tak Kalah Penting, Ini Pengganti Susu Sapi yang Tinggi Protein dan Omega 3

Bogordaily.net– merupakan salah satu makanan yang penuh dengan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Protein di dalam juga sangat berguna untuk pertumbuhan dan organ tubuh karena sejatinya protein berguna untuk membantu metabolisme tubuh yang baik. Namun, tidak semua orang dapat mengonsumsi sapi ataupun kambing. Kandungan protein hewani di dalam sapi atau kambing menimbulkan efek samping bagi sebagian orang. Maka dari itu, banyak yang mencari cara untuk tetap dapat mengonsumsi yang diolah tanpa protein hewani. Nah, jenis-jenis di bawah ini bisa jadi alternatif untuk bisa dikonsumsi karena kandungan nutrisi yang tidak kalah dengan dari hewan.

Hazelnut milk

Melansir Your Say Suara.com dari healthline.com, yang berasal dari kacang hazel atau hazelnut ini secara alami bebas gluten, laktosa, rendah kalori, dan tidak memiliki kolesterol atau lemak jenuh. Olahan ini mengandung vitamin B, vitamin E yang kaya antioksidan, asam folat yang dapat membantu memproduksi sel darah merah dan mengangkut oksigen ke seluruh tubuh kita, dan asam lemak omega-3 yang dapat menjaga tekanan darah.

Oatmilk atau gandum

Dalam beberapa tahun terakhir, alternatif susu nabati seperti susu gandum menjadi sangat populer. Melalui health.clevelandclinic.org, para peneliti mengungkap susu gandum adalah pilihan terbaik untuk orang-orang dengan alergi dan intoleransi makanan tertentu karena susu ini secara alami bebas dari laktosa, kacang-kacangan, dan kedelai. Susu ini juga cocok untuk mereka yang memiliki gangguan terkait gluten.

Soy milk (susu kedelai)

Susu kedelai merupakan pengganti susu yang sudah cukup dikenal tetapi bukan hanya sebagai bahan pengganti. Susu kedelai bisa menjadi pangan tambahan yang bermanfaat untuk diet. Minuman sehat dan beraroma ini pertama kali muncul sebagai produk limbah dalam proses pembuatan tahu. Saat ini, susu kedelai dapat ditemukan di seluruh dunia sebagai pengganti produk susu bebas laktosa dengan manfaat kesehatan tersendiri.

Healthline.com menyebut vitamin, mineral, dan antioksidan dalam susu kedelai dapat memberikan manfaat kesehatan yang penting. Misalnya, bentuk vitamin B yang ditemukan dalam susu kedelai penting untuk membantu tubuh dalam menjaga sel-sel saraf dan DNA. Kandungan ini juga dapat membantu menghindari bentuk-bentuk penyakit anemia tertentu serta dapat mencegah kelelahan. Susu kedelai juga tinggi protein. Protein nabati dalam susu kedelai dapat membantu mendukung kesehatan otot dan organ.

Coconut milk (santan)

Santan termasuk susu yang diekstraksi dari daging buah kelapa tua. Santan dapat bermanfaat bagi kesehatan seperti dengan merangsang penurunan berat badan dan menurunkan kolesterol. Melansir medicalnewstoday.com, santan mengandung medium-chain triglycerides (MCT) yang diungkap oleh para peneliti bahwa MCT mampu merangsang energi melalui proses yang disebut thermogenesis, atau produksi panas. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa MCT bekerja untuk mengurangi berat badan dan ukuran pinggang. MCT juga dapat menyeimbangkan mikrobiota usus yang tidak stabil.

Rice milk (susu beras)

Susu beras merupakan minuman nabati yang sering digunakan sebagai alternatif pengganti susu. Pada pemasarannya, susu ini sering ditambah bahan lain sebagai perasa sehingga menambah kalori di dalam susu itu sendiri. Verywellfit.com menyebut susu beras juga dapat diperkaya dengan zat gizi mikro, seperti vitamin B12, kalsium, atau vitamin D.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here