Thursday, 25 April 2024
HomeKota BogorTanam Pohon di Bogor, Begini Pesan Wagub Uu Ruzhanul Ulum

Tanam Pohon di Bogor, Begini Pesan Wagub Uu Ruzhanul Ulum

Bogordaily.net– Wakil Gubernur , , bersama Wali Bima Arya menanam bibit pohon di pelataran Kantor Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, , Kamis, 31 Maret 2022.

Usai menanam pohon, Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, kunjungannya ke untuk mewakili Gubernur , termasuk penanaman seribu pohon yang dilaksanakan oleh PPATK.

“Pemerintah Provinsi (Pemprov) dalam proses pembangunannya selalu peduli terhadap lingkungan. Pembangunan penting, tetapi pemeliharaan lingkungan juga penting,” kata Uu kepada wartawan di , Kamis, 31 Maret 2022.

Uu menjelaskan, sejak awal kepemimpinannya bersama Ridwan Kamil, Pemprov Jabar memiliki program terhadap pelestarian lingkungan yaitu dengan menanam pohon sebanyak 50 juta pohon yang tersebar di . Hal tersebut dilakukan selama tiga tahun di masa kepemimpinannya.

“Kenapa pohon, karena solusi untuk udara, solusi untuk air dan yang lainnya,” tambahnya.

Apalagi, lanjut Uu, dalam melestarikan lingkungan ini banyak didukung sehingga saat ini ada penambahan sebanyak 20 juta bibit pohon untuk siap ditanam.

“Insyaallah kami optimis untuk mencapai itu di sisa kepemimpinan kami,” imbuhnya.

Ia pun menyampaikan kepada PPATK yang selama ini sudah membantu pemerintah, khususnya Pemprov Jabar. Di samping itu, ia juga meminta dan menegaskan kepada masyarakat untuk tidak menebang pohon seenaknya, terutama kepada developer yang ingin membangun perumahan atau membangun apa pun untuk tidak menebang pohon sembarangan.

“Kalau pohon banyak ditebang akhirnya air tidak bisa diam, hujan datang, banjir yang ada. Begitu juga kalau pohon habis berarti air juga habis. Nah bagaimana nanti masyarakat untuk memenuhi kebutuhan air,” jelasnya.

Masih kata Uu, jika kilas balik 20 tahun yang lalu dirinya sangat merasakan bahwa air begitu melimpah.

“Dulu di kampung saya, di Tasik, sungai itu sangat bagus, airnya banyak dan bersih, kemudian sawah berair, kolam juga sama. Tapi sekarang kolam sudah sedikit yang berair, sungai sudah semakin mengecil. Pertanyaan saya apakah ini harus diteruskan? Untuk itu salah satu solusinya adalah menanam pohon seperti ini,” tegasnya. (Heri Supriatna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here