Friday, 3 May 2024
HomeKota BogorTanamkan 3 S, Petugas Park Ranger Jaga dan Beri Kenyamanan Pengunjung Taman...

Tanamkan 3 S, Petugas Park Ranger Jaga dan Beri Kenyamanan Pengunjung Taman Kota Bogor

Bogordaily.net – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperumkim) menyiapkan kurang lebih sebanyak 200 personel park ranger untuk mengamankan 6 Taman di selama 24 jam.

Pantauan Bogordaily.net pada pukul 15:00 WIB di Alun-alun . Sekilas, pekerjaan park ranger terlihat ringan. Padahal, selain harus mampu menjaga stamina agar tetap terjaga, mereka pun harus siaga jika sewaktu-waktu ada pengunjung atau warga yang bermain di taman dan tidak mematuhi aturan ataupun berbuat tidak sesuai norma. Apalagi, waktu kerja Park Ranger adalah 24 jam nonstop dibagi shift satu hingga tiga.

Pembina Park Ranger Alun-alun Anggi Maulana Muhamad mengatakan, setiap taman, di jaga oleh park ranger. Untuk park ranger sendiri di alun-alun di jaga oleh 30 park ranger dengan satu pengawas.

“30 personel park ranger ini di bagi menjadi 3 shift. Satu shift nya park ranger berjaga 10 orang dengan dua Srikandi,” kata Pembina Park Ranger Alun-alun Anggi Maulana Muhamad kepada bogordaily.net saat ditemui di Alun-alun , Rabu 23 Maret 2022.

Bona sapaan akrabnya menyampaikan, tak jarang, saat bertugas, mereka menemukan warga yang kerap melanggar aturan yang sudah tertera dalam plang pengumuman. Seperti, jangan menginjak rumput hingga jangan buang sampah sembarangan.

Menurutnya, Park Ranger bukanlah sembarang profesi. Para petugas ini haruslah memiliki fisik yang kuat karena bertugas menjaga taman selama 24 jam. Tak hanya fisik yang kuat, Park Ranger ini dituntut memberikan Senyum, Sapa dan Salam kepada warga sesuai dengan moto Park Ranger.

“Mereka akan menegur dengan ramah siapa saja warga yang membuang sampah sembarangan, melakukan aksi vandalisme, merusak fasilitas, hingga aksi negatif lainnya,” katanya.*

(Ibnu Galansa Montazery)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here