Monday, 29 April 2024
HomeNasionalTernyata, Jasa Pawang Hujan Juga Wajib Bayar Pajak

Ternyata, Jasa Pawang Hujan Juga Wajib Bayar Pajak

Bogordaily.net – Jasa masuk sebagai terutang pajak, dengan begitu pihak pemberi kerja wajib memotong pajak penghasilan () Pasal 21. Hal itu diungkapkan Staf Khusus Menteri Keuangan Yustinus Prastowo.

Yustinus mengatakan, sang juga harus melaporkan perhitungan penghasilan di SPT Tahunan.

“Jasa terutang pajak? Jelas dong. Pihak pemberi kerja wajib memotong Pasal 21 dan sang pawang melaporkan perhitungan penghasilan di SPT Tahunan,” ungkap Yustinus, dikutip dari akun Twitter @prastow, Selasa, 22 Maret 2022.

Ia mengatakan, pemberi kerja yang wajib memotong Pasal 21 adalah pemberi kerja (WP) badan atau WP orang pribadi (OP) yang menurut undang-undang (uu) wajib menjadi pemotong.

“Batasan penghasilan yang menjadi objek pajak mengikuti pedoman. Jika tak dipotong wajib bayar dan lapor sendiri,” jelas Yustinus.

Belum lama ini, Rara Istiani Wulandari sedang viral setelah melakukan aksi pada Minggu, 20 Maret 2022.

Ketika beraksi di dalam sirkuit, Rara sempat menggunakan mangkok emas. Sembari memutar-mutarkan dan memukulkan pengaduk pada mangkok emas, ia juga melafalkan doa. Dia terlihat beraksi selama setengah jam, di pinggiran sirkuit.

Rara merupakan perempuan kelahiran Papua. Namun penganut kejawen ini berdarah Jawa dan tinggal di Bali. Perempuan yang sudah malang melintang di pentas nasional ini belajar pawang dari kecil.

Ia mengatakan mendapatkan gaji sebesar Rp5 juta per hari. Ia bertugas untuk menghalau dan menurunkan hujan selama gelaran .

“Saya hanya dibayar Rp5 juta per hari,” ucap Rara.

Ia mengatakan dipekerjakan oleh Mandalika Grand Prix Association (MGPA). Namun, Rara belum menjelaskan lebih lanjut berapa lama tepatnya ia disewa oleh MGPA.

“MGPA yang handle,” imbuh Rara.

Berdasarkan informasi yang beredar di media, Rara disewa selama 21 hari. Jika dihitung, maka Rara mendapatkan bayaran hingga Rp105 juta.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here