Kodim 0606 Kota Bogor Tingkatkan Kemampuan Personil di Lapangan

Menu

Mode Gelap
Piala Dunia 2022: Link Live Streaming Polandia vs Argentina Piala Dunia 2022: Ghana Sikut Korea Selatan 3-2 Merosot, Ini Harga Emas per Gram Hari Ini Lagi, Gempa Susulan Guncang Cianjur 21 Kali dalam Semalam Lokasi, Harga dan Syarat Perpanjang SIM di Kabupaten Bogor

Kota Bogor ยท 8 Mar 2022 11:43 WIB

Tingkatkan Kemampuan Personil di Lapangan, Kodim 0606 Kota Bogor Gandeng Polri


 Komando Distrik Militer (Kodim) 0606 Kota Bogor bersama Polri, BPBD Kota Bogor dan Pemerintah Daerah melakukan apel pasukan di Makodim Jalan Jendral Sudirman No.33, RT 02/RW 04, Pabaton, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Selasa 8 Maret 2022.(Ibnu/Bogordaily.net) Perbesar

Komando Distrik Militer (Kodim) 0606 Kota Bogor bersama Polri, BPBD Kota Bogor dan Pemerintah Daerah melakukan apel pasukan di Makodim Jalan Jendral Sudirman No.33, RT 02/RW 04, Pabaton, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Selasa 8 Maret 2022.(Ibnu/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Meningkatkan kemampuan personil di lapangan dalam melakukan latihan keterampilan dan simulasi bencana, Komando Distrik Militer (Kodim) 0606 Kota Bogor bersama Polri, BPBD Kota Bogor dan Pemerintah Daerah melakukan apel pasukan di Makodim Jalan Jendral Sudirman No.33, RT 02/RW 04, Pabaton, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Selasa 8 Maret 2022.

“Jadi ini merupakan bagian dari tugas TNI dimana sudah tertuang dalam undang-undang TNI nomor 34 tahun 2004 kita turut membantu melaksanakan penanggulangan bencana alam,” kata Dandim 0606/KB Kolonel Inf Roby Bulan kepada Bogordaily.net usai apel penanggulangan bencana alam di Makodim.

Salah satu yang dilakukan sekarang, kata Dandim, adalah personil BPBD Kota Bogor melakukan penggunaan alat SAR, penyelamatan dan evakuasi. Kemudian, dari TNI untuk mengasah kemampuan personil di lapangan melaksanakan pelatihan pertolongan pertama dalam kesehatan.

kemampuan personil di lapangan

Ditempat yang sama, Kepala Pelaksana BPBD Kota Bogor, Teofilo Patrocinio Freitas menyampaikan, dalam penanggulangan bencana alam perlu sinergitas dan perlu pengenalan potensi. Baik peralatan maupun personil.

“Sehingga dalam pelaksanaan kita bisa bersinergi dan cepat dalam penanganan bencana alam,” ujar Theo.

Lebih lanjut, Theo mengatakan, pada saat bencana angin kencang yang mengakibatkan satu pohon tumbang dan menimpa satu kendaraan roda empat kemarin.

Maka dari itu, semua unsur harus terlibat seperti Disperumkim, TNI, Polri, BPBD Kota Bogor dan Damkar Kota Bogor dalam penanggulangan bencana alam.

Untuk itu, Theo melihat alat yang sering digunakan saat ini alat Senso, karena terkait dengan pohon tumbang (memotong kayu).

“Oleh karena itu, kita nanti rencananya Minggu depan bersama TNI, Polri dan semua unsur masyarakat kita ada latihan simulasi tangguh bencana di kelurahan Rancamaya dan kelurahan Curug Bogor Barat,” katanya.

Simulasi tangguh bencana diharapkan masyarakat semakin sadar dan siap menghadapi bencana alam. Sehingga, pengurangan korban bencana bisa diminimalisir.*

(Ibnu Galansa Montazerry)

 
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Warga Cimanggu Permai Pasang Spanduk, Tolak Rencana Pembangunan RS Mitra Keluarga

1 Desember 2022 - 15:31 WIB

Pembangunan rs mitra keluarga

Dukung Kemajuan Sektor Industri, Politeknik AKA Bogor Gelar Seminar Nasional Kimia Industri dan Terapannya

1 Desember 2022 - 14:27 WIB

Ruza Goes To School: Pembinaan Kepribadian Menuju Pra Pubertas oleh RS Azra di SD Taruna Bangsa

1 Desember 2022 - 14:16 WIB

Hasil Survei Universitas Pakuan, Pelayanan Perumda Tirta Pakuan Memuaskan

1 Desember 2022 - 11:52 WIB

Fakta-fakta Penemuan Mayat Terseret Arus Kali di Tanah Sareal Bogor

1 Desember 2022 - 11:23 WIB

Gebyar 12.12.2022 Tirta Pakuan, Pasang Baru Dapat Voucher Belanja

1 Desember 2022 - 09:59 WIB

Direktur Umum (Dirum) Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor H. Rivelino Rizky. (Istimewa/bogordaily.net).
Trending di Kota Bogor