Saturday, 4 May 2024
HomeEkonomiTips Cegah Saldo Hilang dari Rekening, Yuk Lakukan Ini

Tips Cegah Saldo Hilang dari Rekening, Yuk Lakukan Ini

Bogordaily.net– Kehilangan uang dalam rekening bank atau hilang cukup marak terjadi. Kondisi ini termasuk dalam kejahatan social engineering. Social engineering merupakan modus kejahatan dengan mengelabui calon korbannya. Bisa berpura pura sebagai pihak bank atau mengirimkan link formulir untuk diisi dengan data-data pribadi. Oleh karena itu waspada terjadinya hilang dari rekening.

Corporate Secretary Aestika Oryza Gunarto menjelaskan saat ini telah menerima laporan terkait hal tersebut. Bank juga telah melakukan investigasi terkait hal ini. Nah, demi keamanan nasabah, mengimbau agar lebih berhati-hati dalam melakukan transaksi perbankan.

“Nasabah juga harus rutin melakukan penggantian PIN kartu ATM dan juga menjaga kerahasiaan data nasabah seperti nomor rekening tabungan, nomor kartu, nomor CVV kartu kredit, nomor OTP (One Time Password) transaksi, dan sebagainya. kepada pihak manapun, termasuk yang mengatasnamakan ,” kata Aestika sebagaimaan dikutip Detik.com.

Bila nasabah mendapat notifikasi melalui sms/email atas transaksi yang tidak dilakukan, Aestika meminta nasabah segera menghubungi Contact 14017/1500017 untuk melakukan disable/pemblokiran kartu ATM maupun rekening.

Country Manager Indonesia Palo Alto Network Adi Rusli mengungkapkan untuk mencegah beraksinya fraudster dalam penggunaan layanan elektronik di perbankan dibutuhkan kerja sama dari bank dan dari nasabah.

Nasabah kata dia harus rutin mengganti nomor PIN demi keamanan. Kemudian jika dibutuhkan password jangan membuat dengan frasa yang mudah.

“Usahakan yang terdiri dari kombinasi huruf, angka dan simbol. Lalu rutin ganti nomor PIN,” jelas dia.

Jangan pernah memberikan nomor CVV atau OTP yang masuk ke handphone kepada orang lain. “Orang bank tidak akan pernah meminta kode apapun kepada nasabahnya. Jadi harus waspada dan berhati-hati,” ujarnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here