Friday, 29 March 2024
HomePolitikUntuk Hentikan Otoritarianisme, Rico Marbun Ingatkan Hal Ini ke Jokowi

Untuk Hentikan Otoritarianisme, Rico Marbun Ingatkan Hal Ini ke Jokowi

Bogordaily.net – Secara harfiah apa yang disampaikan Presiden Joko Widodo merespons wacana memang benar. Bahwa pembatasan masa jabatan adalah amanat konstitusi. Direktur Eksekukutif Median, , mengatakan bahwa bila ada perubahan yang berakibat pada perpanjangan masa jabatan atau penambahan masa jabatan, dapat dibenarkan apabila memang konstitusi berubah.

“Jaadi secara definisi kalimat itu juga tepat,” demikian kata Rico, dikutip dari RMOL, Rabu, 9 Maret 2022.

Meski demikian, munculnya oligarki yang ditudingkan pada kelompok pengusul amanaden UUD 1945 tidak boleh disalahkan.

Apalagi dalam proses politiknya di Senayan, pasal tersebut diamandemen dan disetujui oleh seluruh fraksi di DPR pada sidang istemawa.

“Ada situasi sakral, dan jadi pemahaman semua pihak, bahwa pembatasan penting untuk regenerasi politik yang mandek dan memastikan otortarinisme bisa dihentikan,” jelas Rico.

Terkait sikap mengambang Jokowi, Rico berpendapat bahwa pernyataan Jokowi ingin berusaha memberi semangat untuk menjaga kelangsungan di atas. Publik juga boleh punya pandangan presiden memberi ruang untuk memperpanjang masa jabatannya, minimal ruang diskursus.

“Yang mirip seperti sambutan pada lontaran gagasan yang berikan oleh parpol-parlopl dan pihak yang mengusulkan penambahan periode atau perpanjangan,” pungkasnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here